Usai Hujan Deras, Muncul 30 Titik Genangan di Jakarta

Rabu, 9 Oktober 2019 14:36 Reporter : Hari Ariyanti
Usai Hujan Deras, Muncul 30 Titik Genangan di Jakarta Jalan rusak di kawasan Casablanca. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Hujan deras mengguyur Jakarta pada Selasa (8/10) malam. Hujan ini menyebabkan genangan di 30 titik. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf.

"Data yang kita dapat dari BPBD itu ada 30 lokasi genangan. Yang kemarin itu genangan yang terus-menerus, kan masalahnya macam-macam," jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (9/10).

Lokasi yang terkena genangan ini yaitu di wilayah bantaran sungai. Selain itu ada juga di lokasi yang terkena proyek LRT karena ada beberapa saluran terputus karena tiang pancang. Khusus di sekitar proyek LRT ini, dia mengungkapkan, pihaknya melakukan antisipasi dengan membuat saluran baru.

"Mudah-mudahan dengan antisipasi saluran yang terputus genangan sudah mulai berkurang atau bahkan tidak ada," jelasnya.

Untuk mengantisipasi banjir atau genangan, Juaini mengatakan, pihaknya juga rutin melakukan pengerukan waduk dan sungai serta saluran mikro. Selain itu, Pemprov DKI juga memperhatikan kualitas pompa air.

"Kita dalam menghadapi musim banjir datang karena pompa harus terus beroperasi dan hidup bila diperlukan," ujarnya.

Jumlah pompa yang disiapkan untuk lima wilayah di Jakarta sebanyak 300 unit. Selain itu ada juga pompa yang sifatnya mobile yang ditempatkan di setiap wilayah. Sejumlah petugas sebanyak 8.000 orang juga telah disiagakan.

"Kita sudah menyiagakan petugas-petugas kita. Dari bulan Juli kemarin kita sudah keruk-keruk, pompa juga sudah kita suruh persiapkan. Begitu ada yang rusak kita perbaiki," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini