Tinjau pelaksanaan UN SMP, Ahok sebut siswa lebih siap dan santai

Senin, 9 Mei 2016 08:44 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Tinjau pelaksanaan UN SMP, Ahok sebut siswa lebih siap dan santai Ahok tinjau ujian nasional di MTS 3 Jakarta. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan menjalani Ujian Nasional hari ini. Jelang pelaksanaan UN, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama melakukan peninjauan di beberapa sekolah, yakni SMP 41 Jakarta dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTS) 3 Jakarta.

Di MTS 3, Ahok sapaan Basuki tampak memberikan arahan dan semangat bagi para siswa. Agar siswa tak terlalu gugup, Ahok pun mengajak para siswa ini berfoto dan berbincang santai.

Setelah itu, Ahok terlihat meninjau beberapa ruangan dan tempat, seperti ruangan laboratorium bahasa, tempat para siswa melakukan ujian berbasis komputer, hingga ruangan teknologi informatika.

Usai berkeliling, dia mengatakan anak-anak yang akan melaksanakan ujian pun terlihat lebih santai dan tampak siap. Alasannya, sebab untuk tahun ini UN tidak lagi menentukan kelulusan siswa tapi untuk membentuk karakter dan kualitas.

"Saya kira siswa siap dan terlihat lebih santai. Karena saat ini UN tidak lagi menentukan kelulusan," kata Ahok di MTS 3, Pondok Pinang, Jakarta, Senin (9/5).

Tak lupa, Ahok berpesan agar dalam melaksanakan UN, para siswa lebih mengutamakan kejujuran dan percaya pada kualitas diri sendiri serta memanjatkan doa agar diberi kelancaran.

"Yang penting kejujuran. Karakter terpuji akan membuat anda sukses dalam ujian apa pun. Enggak ada manusia yang hebat kalau dia enggak berhubungan dengan tuhan," harap Ahok.

Ditambahkannya, ia juga ingin agar pelaksanaan UN untuk tahun depan di Jakarta semuanya berbasis komputer. Untuk setingkat SMP/sederajat, tahun ini, akan ada 17.098 siswa di 109 sekolah yang ada di Jakarta yang akan melaksanakan UNBK. Sedangkan, yang melakukan ujian dengan pensil dan kertas sebanyak 135.913 di 1.425 sekolah.

"Ini masih UN BK, tahun depan kita minta semua targetnya enggak ada lagi yang ujian kertas, semua harus sama. Kalau hasil bagus," pungkas Ahok. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Ujian Nasional
  2. UN SMP
  3. Ahok
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini