Tim Sinkronisasi Anies sebut program DP 0 Rupiah belum bisa dilaksanakan di 2017

Jumat, 13 Oktober 2017 14:37 Reporter : Sania Mashabi
Sudirman Said. ©2017 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan, program Rumah Down Payment (DP) 0 Rupiah belum bisa direalisasikan pada tahun 2017 ini. Sebab, kata Sudirman, diperlukan dukungan regulasi penuh dari Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

"DP 0 Rupiah programnya sudah disiapkan tapi kita membutuhkan dukungan regulasi kita perlu bicara dengan otoritas keuangan, bicara dengan OJK, Bank Indonesia dan itu sudah kita mulai. Tapi tadikan Pak Anies mengatakan ada program yang segera bisa kita mulai fisiknya ada juga yang persiapan-persiapan," kata Sudirman di Jalan Tirtayasa II Nomer 12, Jakarta Selatan, Jumat (13/10).

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu berharap bahwa ada program rumah DP 0 Rupiah bisa segera dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

"Kita berharap tahun depan bisa dimulai tapi tahun ini memerlukan regulasi tadi," ungkapnya.

Selain itu, terkait reklamasi, tim sinkronisasi mengatakan tidak bisa menyimpulkan terlalu dini apakah akan dilanjutkan atau tidak. Namun tim sinkronisasi telah mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan kajian baik dari segi lingkungan, ekonomi, dan pemanfaatan publik.

"Tidak mungkin menyimpulkan sekarang sampai Pak Anies dan Sandi duduk sebagai Gubernur karena kan mesti. Dilihat betul apa yang terjadi di dalam," ujarnya.

"Reklamasi kita direkomendasinya jelas ada kajian secara lebih komprehensif terhadap apa yang sudah dikerjakan baik secara fisik maupun dokumentasi kita akan kaji aspek hukum, lingkungan, ekonomi sampai pemanfaatan publik," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan menegaskan sikapnya soal reklamasi sudah jelas. Menurutnya dia akan tetap menjalankan apa yang tertuang dalam janjinya kampanye yaitu menolak reklamasi.

"Nanti semua saya jelaskan langkah-langkah yang sudah kita buat di semua program dan kalau ada yang tanya sikap kita adalah yang tertulis dalam kampanye," kata Anies di Jalan Tirtayasa II Nomor 12, Jakarta Selatan, Jumat (13/10). [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.