TGUPP mulai bekerja, ini gaji yang diterima tiap anggota setiap bulannya

Rabu, 3 Januari 2018 15:44 Reporter : Syifa Hanifah
TGUPP mulai bekerja, ini gaji yang diterima tiap anggota setiap bulannya Anies umumkan TGUPP bidang korupsi. ©2018 Merdeka.com/Syifa Hanifah

Merdeka.com - Anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) akhirnya dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Anggaran fantastis itu dibagikan untuk lebih kurang 70-an orang.

TGUPP itu terdiri dari lima bidang. Yakni bidang pencegahan korupsi, ada bidang pengelolaan pesisir, bidang ekonomi dan lapangan kerja, bidang harmonisasi regulasi, serta bidang percepatan pembangunan. Saat ini, baru satu bidang yang nama-namanya sudah diumumkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni bidang Komite Pencegahan Korupsi.

Komite Pencegahan Korupsi diketuai oleh mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011 - 2015, Bambang Widjojanto. Adapun anggotanya seperti aktivis LSM Hak Asasi Manusia Nursyahbani Katjasungkana, mantan Wakapolri Komjen Pol (purn) Oegroseno, dan ahli tata pemerintahan yang baik (good governance) Tatak Ujiyati, serta mantan ketua TGUPP periode sebelumnya, Muhammad Yusuf.

Mereka yang bekerja dalam tim ini tentunya akan mendapatkan gaji dari APBD DKI Jakarta 2018. Sekadar mengingatkan, TGUPP dimasukkan dalam anggaran Bappeda. Nilainya mencapai Rp 19 miliar setelah mendapat koreksi dari anggaran sebelumnya yang diajukan Rp 28 miliar.

Berdasarkan data yang didapat dari Komisi C (keuangan) DPRD DKI Jakarta, untuk ketua TGUPP sendiri akan mendapatkan gaji sebesar Rp 51.570.000. Posisi ketua akan dijabat seorang diri.

Kemudian, untuk ketua bidang akan dipilih lima orang. Masing-masing ketua bidang akan digaji Rp 41 juta lebih. Sedangkan untuk anggota digaji berdasarkan grade atau peringkat. Posisi anggota dibagi dalam tiga grade, 1,2 dan 3. Untuk grade 2, juga dibagi menjadi a dan b. Begitu juga untuk grade 3, dibagi menjadi a, b dan c.

Adapun kisaran gaji tiap anggota berdasarkan grade kisaran Rp 8.010.000 hingga Rp 31.770.000. Jika tim ini mengadakan kegiatan, maka akan diberikan dana narasumber yang besarannya tergantung latar belakangnya, apakah kalangan profesional atau sumber biasanya.

Jika ditotal, maka untuk gaji anggota TGUPP akan menghabiskan dana kurang lebih Rp 19,8 miliar. Nilai itu ditambahkan kisaran dana operasional Rp 437 juta.

Berikut rincian seluruh tim TGUPP:

[lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini