Terminal Pulo Gebang bakal menjadi terbesar di Asia Tenggara

Jumat, 14 September 2012 03:05 Reporter : Mardani
terminal pulo gebang. aripradina.blogspot.com

Merdeka.com - Terminal Pulo Gebang akan dibangun menjadi terminal bus terbesar di Asia Tenggara. Kualitas Terminal Pulo Gebang nantinya akan sekelas bandara.

"Nantinya, di terminal bus Pulo Gebang yang baru, arus penumpang akan diatur sedemikian rupa untuk mengurangi kepadatan," kata Ketua Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sarwo Handhayani dalam diskusi infrastruktur di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (13/9).

Menurutnya, di terminal itu nantinya akan ada pemisahan antara penumpang yang akan berangkat dengan penumpang tiba. Selain itu, untuk angkutan dalam kota dan luar kota juga akan dipisahkan,

"Namun tetap terhubung dengan baik karena akan ada ruang yang dapat menghubungkan keduanya," katanya.

Dia mengatakan, akses jalan tol dan jalur kereta api juga akan melewati terminal itu. "Jalan tol yang akan menjadi akses ke terminal ini adalah tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)," kata dia.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bidang Transportasi, Perdagangan dan Industri DKI Jakarta Soetanto Sudhodho mengatakan, pusat perbelanjaan akan dibangun untuk melengkapi terminal itu.

"Karena terminal itu besar, maka kita bukan hanya menjadikannya sebagai tempat orang bertransportasi pindah moda, tetapi juga sebagai titik atraksi yang dapat membuat orang ingin datang untuk memanfaatkan transportasi," kata dia.

Dia memperkirakan, Terminal Pulo Gebang yang baru akan mulai beroperasi secara efektif pada 2015.

Soetanto memperkirakan Terminal Pulo Gebang yang baru akan dapat beroperasi secara efektif dalam dua tahun mendatang, yakni sekitar 2015. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Transjakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.