Terima 120.040 Dosis Sinovac, Jumat Jam 07.00 WIB DKI Mulai Vaksinasi Covid

Kamis, 14 Januari 2021 14:22 Reporter : Merdeka
Terima 120.040 Dosis Sinovac, Jumat Jam 07.00 WIB DKI Mulai Vaksinasi Covid Hari pertama vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Provinsi DKI Jakarta akan memulai vaksinasi Covid-19 Jumat (15/1). Saat ini, DKI telah menerima total 120.040 dosis vaksin Sinovac yang telah disebar ke fasilitas kesehatan di masing-masing lima kota administrasi.

"Kami sudah distribusikan sesuai jadwal di DKI ada 5 kota, kami jadwalkan mulai jam 7 pagi di masing-masing fasilitas kesehatan," ujar Kepala Dinas Kesehatan DI Widyastuti dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (14/1).

Widya mengatakan, total vaksin yang diterima Pemprov disebar ke setiap faskes kecamatan. Vaksin yang telah tersebar, kata Widya, akan disebar lagi ke rumah sakit.

"Jadi rumah sakit ambil vaksinnya dari Puskesmas kecamatan. Misal RSCM ada di Jakarta Pusat, ya ambilnya di Puskesmas yang satu kecamatan dengan RSCM itu," jelasnya.

Alasan vaksin didistribusikan ke Puskesmas dibanding rumah sakit, karena puskesmas dianggap memiliki pengalaman melakukan vaksinasi dengan skala besar. Selain itu, untuk memudahkan pemetaan jatah vaksin di masing-masing wilayah kota administrasi.

Sementara itu, jumlah masyarakat yang akan menerima vaksinasi Covid-19 di ibu kota mencapai 7,9 juta orang. Menurut Widya, data tersebut berdasarkan batas usia antara 18-59 tahun. Selain itu, jumlah tersebut vaksinasi terbanyak yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Ini merupakan sasaran vaksinasi terbanyak, karena kami pernah melakukan vaksinasi secara program massal gini paling banyak sekitar 2 juta," kata Widyastuti.

Dengan jumlah tersebut, dosis vaksin yang dibutuhkan yakni sekitar 15-16 juta. Menurut Widyastuti hal tersebut guna mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Vaksin Sinovac
  3. Vaksin Covid 19
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini