Sumur Resapan di Lebak Bulus Bikin Was-Was Pengendara

Rabu, 1 Desember 2021 14:41 Reporter : Merdeka
Sumur Resapan di Lebak Bulus Bikin Was-Was Pengendara Sumur resapan di Jalan Lebak Bulus III. ©2021 Merdeka.com/Henry Hairlangga

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun sumur resapan guna mengantisipasi genangan di jalan ibu kota. Namun sayangnya, pembangunan sumur resapan tersebut membuat jalan-jalan, salah satunya di Jalan Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, rusak.

Sumur-sumur resapan ini berada di jalan yang menurun. Ada sekitar 23 sumur resapan, 8 sumur terletak sebelum Gereja Sumber Kasih dan sisanya terletak di depan gereja tersebut.

Sumur resapan akan dipasang sejajar sepanjang 300 meter di jalan tersebut. Bagian atapnya tertutup lat besi. Meski ada pengerjaan, kendaraan di sekitarnya tetap melaju cepat.

Sumur resapan di titik itu belum semuanya selesai. Tampak seorang pekerja masih menggali sumur yang berlokasi tepat di depan Gereja Sumber Kasih. Para pekerja itu mengaku baru hari mulai bekerja melakukan penggalian.

"Ini saya sedang memasukkan pipa ke dalam sumur sumur ini," kata pekerja galian, Aziz kepada merdeka.com.

Dia tidak tahu apakah sumur resapan yang menyebabkan kerusakan jalan akan diperbaiki atau tidak. Dia hanya mendapatkan tugas untuk memasang pipa resapan.

"Saya tidak ada hubungannya soal ngerapihin sumur ini atau memperbaiki jalanan ini. Saya hanya disuruh untuk masukin pipa ke dalam sumur ini," tambahnya.

2 dari 2 halaman
sumur resapan di lebak bulus bikin was-was pengendara

Irwan, warga setempat menilai keberadaan sumur resapan membahayakan pengguna kendaraan bermotor. Belum lagi ketika malam hari, penerangan di Jalan Lebak Bulus III kurang terang.

"Memang cukup membahayakan jalanan di sini, karena motor sama mobil banyak yang ngebut. Kalau malam juga lampu penerangan di sini sangat kurang " kata irwan.

Ia mengungkapkan, belum lama ini terjadi kecelakaan yang diakibatkan sumur resapan tersebut. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa. Untuk itu, Irwan meminta Pemprov DKI Jakarta memperbaiki jalan yang rusak akibat sumur resapan.

"Ya semoga lah diperbaikin biar jadi rata jalanannya, biar semakin rapi dan bagus jalanannya," tutupnya.

Reporter Magang: Henry Hairlangga

Baca juga:
Pemprov DKI Tambah Jumlah Drainase Vertikal
Antisipasi Banjir, Pemkot Solo Berencana Bikin Sumur Resapan
DPRD Cecar Efektivitas Sumur Resapan, Wagub DKI Jawab 'Manfaat Sudah 2 Tahun Terasa'
Anggaran Rp400 Miliar, Pembuatan Sumur Resapan Dinilai PDIP DKI Sangat Tak Bermanfaat
Penjelasan Pemrov DKI Soal Pembangunan Sumur Resapan di Atas Trotoar
Sumur Resapan di Atas Trotoar DKI Dinilai Tak Tepat Karena Lebih Tinggi dari Jalan
Memantau Pembuatan Sumur Resapan di Ibu Kota

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini