Sudah Melebihi Kapasitas Volume Kendaraan, Alasan Fatmawati Terkena Ganjil Genap

Senin, 12 Agustus 2019 10:11 Reporter : Ronald
Sudah Melebihi Kapasitas Volume Kendaraan, Alasan Fatmawati Terkena Ganjil Genap Sosialisasi ganjil genap. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan sosialisasi sistem ganjil genap di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Kawasan tersebut merupakan ruas jalan perluasan ganjil genap yang telah ditetapkan Pemprov DKI beberapa waktu lalu.

Rencananya, sosialisasi digelar mulai 7 Agustus hingga 8 September, sedangkan uji coba mulai dilakukan 12 Agustus hingga 6 September.

Pantauan merdeka.com, belasan petugas Dishub dan kepolisian sudah berjaga di perempatan Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Ruas jalan yang akan terkena ganjil genap sepanjang Jalan Fatmawati hingga Sudirman-Thamrin.

Kadishub Pemprov DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan ada empat poin yang menjadi alasan ruas jalan Fatmawati diterapkan sistem ganjil genap.

"Untuk kriteria penentuan ruas jalan yang akan diimplementasikan pembatasan lalu lintas khususnya ganjil genap ada empat. Pertama terkait volume per kapasitas atau rasionya sudah mendekati jenuh dalam kriteria kami adalah mencapai 0,7 dari kapasitas yang ada. Kedua adalah kecepatan rata-rata dari ruas jalan tersebut sudah berada di bawah 30 km per jam," katanya saat ditemui di perempat Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8).

Selain itu, poin ketiga adalah telah disediakan transportasi yang cukup bagi masyarakat.

"Yang ketiga tentu sudah dilayani dengan angkutan umum yang baik, yang keempat untuk perbaikan kualitas lingkungan. Dari empat kriteria Jalan Fatmawati sudah memenuhi untuk implementasikan apalagi hanya tersedia angkutan umum biasa tapi juga angkutan umum massal seperti MRT yang sudah melayani koridor tersebut," bebernya.

"Ini yang menjadi pertimbangan kita, dari empat kriteria tersebut Fatmawati sudah memadai," jelasnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini