Sowan ke Pesantren Tebuireng, Nono kagumi sosok Gus Dur

Rabu, 9 Mei 2012 14:04 Reporter : Moch. Andriansyah
Sowan ke Pesantren Tebuireng, Nono kagumi sosok Gus Dur Nono Sampono. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Setelah mengunjungi KH Alawy Muhammad di Madura, Jawa Timur kemarin, hari ini, Rabu (9/5), Calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jaya, Nono Sampono giliran sowan ke pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, KH Salahuddin Wahid.

Begitu tiba di komplek Tebuireng, Jombang, rombongan Nono langsung menuju ke rumah kiai yang akrab disapa Gus Solah tersebut.

Seperti halnya di Madura, Nono mengatakan kalau kedatangannya ke kediaman Gus Solah di Tebuireng, adalah dalam rangka meminta restu terkait pencalonannya sebagai Cawagub DKI Jakarta mendampingi Alex Noerdin.

Gus Solah sendiri menegaskan, kalau kunjungan Nono kali ini, dalam rangka silaturahmi. "Pak Nono silaturahmi ke Tebuireng. Karena mau mencalonkan menjadi Cawagub DKI Jakarta," kata adik kandung Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) ini.

Seperti diketahui, pasangan Alex-Nono ini diusung oleh Partai Golkar dan PPP. Pria berlatar belakang TNI-AL ini ini mengaku mengagumi sosok Gus Dur yang dikenal sebagai ulama dan guru bangsa.

"Saya sangat mengagumi cara pandang Gus Dur. Pemikiran beliau sangat dibutuhkan untuk Indonesia, bahkan dunia. Yakni membangun kerukunan untuk mengatasi keberagaman atau yang biasa disebut pluralisme," kata Nono.

Dia juga mengaku punya hubungan dekat dengan Gus Dur ketika masih menjadi Presiden RI. Nono pernah mendampingi Gus Dur sebagai Wakil Komandan Paspampres. Jabatan terakhir Nono adalah Gubernur Akmil Magelang.

Selanjutnya, Nono mengunjungi makam Gus Dur, untuk berdoa bersama rombongan. [war]

Topik berita Terkait:
  1. Gus Dur
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini