Sosialisasi Jakarta Ramah Bersepeda, Pegawai Dishub DKI Wajib Gowes Tiap Jumat

Rabu, 31 Agustus 2022 13:13 Reporter : Lydia Fransisca
Sosialisasi Jakarta Ramah Bersepeda, Pegawai Dishub DKI Wajib Gowes Tiap Jumat Jalur sepeda di Sudirman-Thamrin. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut aturan wajib bersepeda bagi seluruh karyawan Dishub merupakan pemacu untuk seluruh masyarakat agar bersepeda. Aturan ini juga bagian untuk sosialisasi program Jakarta Ramah Bersepeda

"Untuk kewajiban sepeda, tentu Jakarta ada namanya program 'Jakarta Ramah Bersepeda,' sudah dibangun jalur bersepeda. Kemudian, tentu Dishub harus menjadi triger bagi semuanya," kata Syafrin kepada wartawan Selasa (31/8).

Berdasarkan keterangan Syafrin, jumlah pengguna sepeda di Jakarta terus meningkat. Kini, terdapat 47 orang per hari yang menggunakan sepeda.

"Justru saat ini pengguna sepeda di Jakarta terus meningkat. Pada 2005, hanya bisa dihitung jari paling banyak per hari (yang menggunakan sepeda). Sekarang, sebanyak 47 orang per hari. Nah sekarang rata-rata sudah di atas tiga ribuan. Terakhir kemarin, saya lupa datanya. Di Agustus mencapai empat ribu sekian di hari kerja," jelas Syafrin.

Oleh karena itu, Syafrin berharap instansi lain di lingkungan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menerapkan aturan yang sama.

"Jadi, kami terus melakukan penghitungan jumlah pesepeda dan terus ada peningkatan untuk pengguna sepeda. Memang buat kami, mengeluarkan instruksi (itu) sebagai trigger, harapannya instansi lain di lingkungan pemprov itu juga melakukan hal yang sama karena tujuannya tentu agar karyawannya berenergi tentu agar badannya sixpack," kata Syafrin.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta mewajibkan seluruh pegawainya untuk menggunakan sepeda ke kantor setiap hari Jumat, baik sepeda sebagai moda utama maupun moda lanjutan.

Peraturan tersebut berlaku sesuai dengan Instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo dengan Nomor e-3001 tahun 2022. Aturan ini berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) maupun Penyedia Jasa Lapangan Perorangan (PJLP).

"(Moda) utama gimana? Misal seperti saya dari rumah itu naik sepeda ke kantor hari jumat. Ada juga moda transportasi lanjutan dari rumah yang bersangkutan ke halte umum, melanjutkan hingga Tanah Abang. Di Tanah Abang, kami sudah siapkan sepeda sewa. Jadi yang bersangkutan tinggal menyewa sepeda Rp3 ribu untuk 15 menit dan langsung menggunakan sepeda ke kantor," jelas Syafrin.

Syafrin juga mengatakan, akan ada sanksi bila pegawai tidak mengikuti aturan ini. "Hari itu mereka wajib menggunakann sepeda dan kami melakukan kontrol dengan yang bersangkutan dilengkapi dengan laporan. Tentu ini ada sanksi karena ini instruksi dan ada disiplin pegawai," kata Syafrin. [ray]

Baca juga:
Jakarta Kini Punya Jalur Sepeda Sepanjang 309,5 KM, Ini Sebaran Lokasinya
Gaya Santai Anies Baswedan Pulang Kerja Naik MRT
Peringati Hari Lingkungan Hidup & Sepeda Sedunia, Aktivis Bentangkan Spanduk Raksasa
Anies Baswedan Apresiasi Gerakan Bersepeda untuk Kurangi Emisi di Jakarta
Cara DKI Kurangi Emisi Karbon, Anies ke Dubes: Transportasi Umum Listrik-Jalur Sepeda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini