Setelah Cilacap, Anies Dekati Kabupaten Ngawi untuk Amankan Pasokan Pangan

Minggu, 25 April 2021 17:03 Reporter : Yunita Amalia
Setelah Cilacap, Anies Dekati Kabupaten Ngawi untuk Amankan Pasokan Pangan Keseruan Anies Baswedan panen padi bareng petani Cilacap. ©Instagram/@aniesbaswedan

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Food Station Tjipinang Jaya terus melakukan pendekatan antar daerah untuk memastikan pasokan pangan warga ibu kota.

Salah satu kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, kerja sama ini memiliki dua dimensi yang berkeadilan.

"Satu sisi kita secara serius ingin kebutuhan pangan di Jakarta terpenuhi dan di sisi lain kita ingin menghadirkan keadilan sosial, khususnya untuk para petani daerah agar mereka mendapat manfaat lebih besar, mendapat peningkatan kesejahteraan, dan mendapat kepastian atas produk-produknya," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (25/4/2021).

Anies menyatakan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan petani salah satunya dengan sistem resi gudang. Yaitu membuat petani tak buru-buru menjual harga gabah mereka dengan harga rendah, melainkan dapat menyimpannya terlebih dahulu, meningkatkan kualitas, sehingga harganya akan stabil.

"Selain itu, dengan menyimpannya di resi gudang, mereka juga bisa memanfaatkan untuk mengambil pinjaman pembiayaan dari lembaga keuangan," ucapnya.

PT Food Station telah melakukan kerja sama dengan Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun sejak 2015.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengharapkan kerja sama dengan DKI dapat diperluas. Sebab beberapa daerah di Jawa Timur mengalami surplus dan para produsen mengalami kesulitan mengembangkan market.

"Dan kami mohon agar kami bisa akses lebih banyak dan menghubungkan para gapoktan agar mereka mendapatkan market yang lebih besar, terutama di Jakarta," jelas dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Food Station Tjipinang Jaya melakukan Panen Bersama di lahan seluas 50 hektare di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Panen ini dilakukan untuk memastikan pasokan pangan terjaga selama bulan Ramadan dan menyambut Idulfitri 1442 H.

Panen Bersama ini dihadiri langsung Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Jajaran Direksi PT Food Station Tjipinang Jaya dan Gapoktan Sumber Makmur, serta Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Dalam sambutannya Gubernur Anies menyatakan bahwa DKI Jakarta amat bersyukur karena terbantu dengan adanya kolaborasi antardaerah untuk memastikan ketahanan pangan di ibu kota terjaga.

"Kolaborasi ini ikhtiar yang punya multiaspek, bagi kami di Jakarta 99 persen kebutuhan pangan dipasok dari luar dan kita memiliki ketergantungan yang amat tinggi dan Jakarta merasa bersyukur bisa bersama dengan Cilacap menyiapkan ketahanan pangan untuk warga di ibu kota," kata Anies dalam keterangannya, Jumat (16/4).

Reporter: Ika Defianti dan Yunita Amalia [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini