Sembilan RT di Tegal Alur Jakarta Barat Masih Terendam Banjir

Kamis, 20 Januari 2022 10:16 Reporter : Yunita Amalia
Sembilan RT di Tegal Alur Jakarta Barat Masih Terendam Banjir banjir. merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Jumlah RT di Kelurahan Tegal Alur, Jakarta Barat yang terdampak banjir mulai berkurang. Data BPBD DKI Jakarta, pada Kamis pukul 6 pagi, masih ada 9 RT dalam kondisi banjir.

Jumlah tersebut berkurang dari data BPBD Rabu pukul 6 sore sebanyak 77 RT di Tegal Alur tergenang akibat hujan deras.

"Informasi genangan saat ini ada 9 RT atau 0,030 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," ucap Kepala Bidang Pusat Data dan Informasi BPBD DKI, Mohammad Insaf.

Namun, Insyaf tidak menyampaikan penjelasan tentang durasi banjir yang melebihi 6 jam, sebagaimana target Pemprov atas pengendalian banjir.

Target Pemprov DKI agar banjir dapat surut maksimal 6 jam setelah permukaan sungai normal, tak tercapai. Sepanjang Rabu (19/1), beberapa titik di Jakarta Barat tetap tergenang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, target 6 jam tidak dapat diterapkan di semua wilayah Jakarta. Sebab, terdapat kawasan yang letaknya di bawah permukaan laut.

"Ya mungkin ada beberapa titik yang memang datarannya sangat rendah, ada yang jauh di bawah permukaan laut, ada beberapa titik yang seperti itu. Itu memang pengecualian yang seperti itu," ucap Riza di Balai Kota, Rabu malam.

Namun demikian, secara umum ia memastikan bahwa Pemprov mengupayakan agar genangan di Jakarta tidak melebihi 6 jam.

Sambil menunggu banjir surut, dia berujar bahwa Pemprov juga telah menyiapkan beberapa titik pengungsian bagi warga yang terdampak banjir dan belum surut.

"Kita sudah siapkan tempat pengungsiannya, sarana prasarana, logistiknya, nanti segera akan kembali ke rumah masing-masing. memang ini ada peningkatan intensitas hujan di Januari ke Februari ini dibandingkan Desember," pungkasnya. [fik]

Baca juga:
Jumlah Pengungsi Akibat Banjir di Jakarta Capai 1.575 Jiwa
Penjelasan Pemprov DKI Mengapa Banjir di Jakarta Barat Tak Surut Enam Jam
DPRD DKI Pertanyakan Efektivitas Sumur Resapan Usai Sejumlah Titik Jakarta Banjir
Dampak Banjir Jakarta, 102 RT Tergenang dan 965 Jiwa Mengungsi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini