Selamatkan sandera di angkot, Aiptu Sunaryanto dihadiahi Rp 10 juta

Kamis, 13 April 2017 09:28 Reporter : Rendi Perdana
Selamatkan sandera di angkot, Aiptu Sunaryanto dihadiahi Rp 10 juta Plt Gubernur DKI Sumarsono dan Aiptu Sunaryanto. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Aksi heroik Aiptu Sunaryanto menyelamatkan ibu dan anak, penumpang angkot T25 jurusan Klender - Pondok Kopi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur pada Minggu (9/4), mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono bangga dengan kesigapan Aiptu Sunaryanto yang saat kejadian langsung bertindak sesuai prosedur yang berlaku meski dia dalam status tidak bertugas.

"Dia langsung menolong korban penyanderaan yang dilakukan penodong di angkot tersebut," ujar Sumarsono di Balaikota, Kamis (13/4).

Atas aksi heroik tersebut, Pemprov DKI memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan dan uang. Dia berharap apresiasi dari pemerintah bisa menjadi stimulus bagi anggota polisi untuk memberi keamanan serta mengayomi masyarakat.

"Pemprov DKI Jakarta memberikan apresiasi kepada beliau atas tindakannya menolong masyarakat. Bentuk penghargaannya ada piagam dan uang sebesar Rp 10 juta," tegasnya.

Tidak hanya anggota polisi yang dijanjikan penghargaaan dan hadiah, Pemprov DKI juga bakal memberikan apresiasi jika ada anggota TNI atau masyarakat yang tampil membantu sesama yang berada dalam kondisi bahaya.

"Kami dari Pemprov siap memberi penghargaan kepada siapapun yang menolong masyarakat, tidak hanya polisn. Apapun profesinya akan kita hargai jasa orang tersebut dalam menyelamatkan nyawa orang lain," ucapnya.

Aiptu Sunaryanto mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta atas penghargaan yang diberikan. Dia berharap ini bisa menjadi pemicu anggota polisi lain untuk bekerja maksimal melindungi masyarakat.

"Harapannya semoga dengan penghargaan ini para petugas kepolisian semakin semangat saat bertugas di lapangan dan bisa mengamankan secara maksimal secara 24 jam," singkatnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan memberikan penghargaan terhadap dua anggota yang bertugas di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dalam penghargaan ini, ada dua anggota yang diberikan apresiasi oleh Iriawan, yakni Aiptu Sunaryanto yang berhasil melumpuhkan pelaku pejambret juga penyanderaan di angkutan T25 jurusan Pulogadung-Rawamangun. Dan juga Anggota Polres Bandara Soekarno Hatta Aiptu Nugraha, yang berhasil menggagalkan masuknya barang haram narkoba ke Indonesia.

"Terima kasih, tepuk tangan untuk yang bersangkutan. Sekali lagi saya dan keluarga besar Polda Metro Jaya merasa bangga dengan saudara, di tempat lain lalu lintas pernah menjatuhkan citra Polri, sementara di Polda Metro Jaya menaikkan citra Polri yang kita cintai," ujarnya di lokasi, Rabu (12/4).

Dengan hal ini, Iriawan berharap seluruh anggota yang bertugas selalu memberikan kontribusi yang tinggi di Polri, dan juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan ini, lanjut Iriawan, dirinya berharap citra polri semakin dipercaya oleh masyarakat.

"Tunjukkan prestasi ini kepada yang lain. Demikian rekan-rekan yang saya sampaikan. Terima kasih selamat bertugas," akhirnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini