Sekwan soal Rapimgab Wagub DKI Molor: Pimpinannya Masih Sibuk

Senin, 22 Juli 2019 14:58 Reporter : Merdeka
Sekwan soal Rapimgab Wagub DKI Molor: Pimpinannya Masih Sibuk Calon wakil Anies. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta, Yuliadi angkat bicara mengenai molornya penyelenggaraan Rapimgab untuk persetujuan akhir tata tertib (tatib) pemilihan wagub DKI Jakarta.

Dia menyebut gagalnya Rapimgab dikarenakan pimpinan DPRD DKI dan pimpinan pansus masih mempunyai kegiatan masing-masing.

"Pimpinannya juga masih banyak acara, masih sibuk masing-masing," kata Yuliadi saat dihubungi di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Dia menjelaskan pihaknya hanya memfasilitasi sarana dan keperluan dalam kegiatan anggota DPRD saja. Termasuk perintah Pansus Wagub DKI dalam pembuatan undangan Rapimgab.

"Iya kita fasilitasi fungsinya, saya enggak bisa mengendalikan dewan harus rapat. Mereka harus minta ke kita, kita disuruh," ucapnya.

Yuliadi juga menyatakan hingga saat ini belum terdapat perintah baik dari pimpinan Pansus ataupun Ketua DPRD DKI untuk penyelenggaraan Rapimgab. Sebab penyelenggaraan rapat tersebut harus berdasarkan persetujuan keduanya.

"Iya harusnya diomomgin bareng antara pansus dan pimpinan, waktunya kapan," jelasnya.

Sebelumnya, harapan warga DKI Jakarta memiliki Wakil Gubernur (Wagub) dalam waktu dekat ini tampaknya belum bisa terwujud. Padahal dua nama kandidat pengganti Sandiaga Uno telah disetujui oleh partai pengusung.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono mengatakan, rapat paripurna untuk pemilihan Wagub DKI Jakarta belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Sebab, rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) untuk penentuan tata tertib (Tatib) saja belum juga jadi dilakukan. Sedangkan, rapat paripurna harus didahului dengan rapimgab.

Tahapan Rapimgab dilalui dulu, baru penjadwalan paripurna pengesahan tatib, tutur Gembong saat dihubungi, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019.

Sejauh ini, Rapimgab sudah tiga kali dibatalkan. Gembong memperkirakan, Rapimgab akan dilakukan kembali pekan depan, Senin 22 Juli 2019.

Meski begitu, dia optimistis urusan pemilihan Wagub DKI bisa diselesaikan pada periode ini. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Bursa Cawagub DKI
  2. DPRD DKI
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini