Sekda DKI Sebut Perluasan Ancol Pakai Tanah Hasil Pengerukan 13 Sungai dan 5 Waduk

Jumat, 3 Juli 2020 13:27 Reporter : Yunita Amalia
Sekda DKI Sebut Perluasan Ancol Pakai Tanah Hasil Pengerukan 13 Sungai dan 5 Waduk Sekretaris Daerah DKI Saefullah. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah angkat suara mengenai izin perluasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang menjadi polemik. Dia menegaskan, perluasan tersebut telah direncanakan pada tahun 2009, dan itu berbeda dengan reklamasi pantai utara Jakarta.

Dia menjelaskan, izin perluasan kawasan Ancol di lokasi yang digunakan untuk menampung hasil pengerukan sungai DKI Jakarta lewat program Jakarta Emerging Dredging Initiative (JEDI) dan Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP). Pengerukan dilaksanakan di 5 waduk dan 13 sungai yang ada di DKI Jakarta sebagai upaya penanggulangan banjir.

"Yang perencanaannya telah ditetapkan sejak 2009, sudah ada lebih dahulu dan terpisah dari reklamasi yang akhirnya dibatalkan," jelasnya di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/7).

Sesuai rencana tersebut, imbuh Saefullah, tanah hasil pengerukan tersebut ditumpuk di Pantai Utara Jakarta, tepatnya di wilayah Ancol Timur dan Ancol Barat, menempel langsung dengan area yang dikelola Taman Impian Jaya Ancol.

"Proses yang sudah berjalan selama 11 tahun tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan pilihan yang paling baik demi keseimbangan ekosistem Pantai Utara Jakarta," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Luas 20 Hektare...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini