Sebut Kenaikan Buruh DKI Kecil, Anies Ngaku Terpaksa Terbitkan Kepgub UMP 2022

Senin, 29 November 2021 14:24 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Sebut Kenaikan Buruh DKI Kecil, Anies Ngaku Terpaksa Terbitkan Kepgub UMP 2022 Aksi Buruh Gruduk Balaikota. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dirinya terpaksa mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub)terkait penetapan UMP 2022. Meskipun Pemprov DKI Jakarta berpandangan bahwa kenaikan UMP DKI Jakarta sebesar 0,85 persen terlampau kecil.

"Kami terpaksa keluarkan Kepgub. Karena bila tidak dikeluarkan, maka dianggap melanggar. Tapi kami bilang ini tidak cocok dengan situasi di Jakarta," kata dia di hadapan buruh yang berunjuk rasa di depan Balai Kota, Senin (29/11).

Kepgub tentang penetapan UMP 2022 memang harus dikeluarkan. Sebab ada ketentuan yang mengharuskan Gubernur mengeluarkan Kepgub sebelum tanggal 20 November.

"Perlu saya sampaikan tanggal 20 (November) harus dikeluarkan. Karena ketentuannya mengharuskan harus keluar Keputusan Gubernur sebelum tanggal 20. Bila tidak mengeluarkan (Kepgub), maka jadi melanggar. Karena itu kami keluarkan yang masih sesuai PP 36," jelas dia.

Dia pun menyampaikan, ada perbedaan antara DKI Jakarta dibandingkan Provinsi lain terkait penetapan UMP. Di Jakarta, setelah UMP ditetapkan, tidak ada penetapan UMP di level kabupaten dan kota.

"Kalau di tempat lain berhenti di Provinsi UMP-nya, lalu kabupaten dan kota bisa bikin keputusan. Di Jakarta enggak bisa. Itu membuat mengapa kita perlu membuat ini lebih baik dari sekarang. Kami paham, kami mengerti, dan kami perjuangkan sekarang. Doakan ini bisa tuntas," tegas Anies. [bal]

Baca juga:
Anies Akui UMP Naik 0,85 Persen Terlalu Kecil untuk Buruh di Jakarta
Anies Minta Menaker Ida Tinjau Ulang Formula Penetapan UMP
Protes UMP 2022, Massa Buruh Geruduk Balai Kota
Lalu Lintas Depan Balai Kota DKI Tersendat Imbas Aksi Massa Tuntut UMP 2022
Demo Buruh Tuntut Anies Cabut SK Penetapan UMP, Lalu Lintas di Balai Kota Dialihkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini