Sebulan Uji Coba, Penumpang LRT Capai 211.000 Orang

Kamis, 11 Juli 2019 14:15 Reporter : Merdeka
Sebulan Uji Coba, Penumpang LRT Capai 211.000 Orang LRT. ©Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat

Merdeka.com - Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) milik PT Jakarta Propetindo (Jakpro) telah genap sebulan dalam menjalankan uji coba gratisnya bagi penumpang.

Corporate Communication PT LRT Jakarta, Melissa Suciati menjelaskan, minat masyarakat untuk menaiki LRT hingga hari ini, Kamis (11/7) masih terus meningkat.

"Sampai kemarin malam kita tutup di jam 11 malam sudah ada sekitar 211.000 lebih penumpang yang sudah berpartisipasi dan ikut serta dalam uji publik ini," katanya di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Kamis (11/7).

Menurutnya, terdapat banyak warga yang menggunakan LRT untuk pergi bekerja. Waktu tunggu kedatangan (headway) LRT pun hanya 10 menit.

Kepadatan penumpang biasanya terjadi di pagi hari sekitar pukul 05.30-09.00 WIB. Setelah itu, pengguna LRT kembali memadat pada pukul 16.00 WIB saat banyak warga yang pulang bekerja.

"Total ada 5 stasiun, lima-limanya sudah bisa digunakan untuk akses naik turun penumpang dan waktu operasinya juga sama, dari jam 05:30 pagi sampai jam 11 malam," ujarnya.

Melissa menambahkan, saat ini fisik pembangunan LRT sudah selesai. Namun, khusus untuk Stasiun Pegangsaan Dua, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melaporkan bahwa pembangunan telah mencapai 98 persen.

Selain itu, jembatan layang (skybridge) yang menghubungkan Stasiun Velodrome LRT dengan Halte Busway Pemuda Rawamangun juga telah selesai dibangun. Namun, jembatan tersebut belum resmi dibuka untuk umum karena perpanjangan halte belum selesai.

Khusus untuk Stasiun Boulevard Utara, LRT sudah terintegrasi dengan mikrobus Jaklingko.

"Kita sudah berintegrasi dengan mikrobus Jaklingko atau angkot Jaklingko disebutnya, itu ada Jak 24, Jak 59, sama Jak 61," tutup Melissa.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. LRT
  2. Transportasi Umum
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini