Sandi minta warga Bidara Cina tak egois terkait lahan sodetan Ciliwung

Jumat, 9 Februari 2018 10:47 Reporter : Hari Ariyanti
Sandi minta warga Bidara Cina tak egois terkait lahan sodetan Ciliwung Proyek sodetan Kali Ciliwung. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S Uno meminta warga Bidara Cina tak egois terkait lahan untuk kelanjutan proyek sodetan Sungai Ciliwung. Pihaknya ingin melakukan percepatan agar proyek sodetan itu segera rampung namun masih terkendala lahan.

"Kita ingin mencari sebuah format bagaimana masyarakat bisa setuju untuk merelakan tanahnya untuk fasilitas yang akan dinikmati seluruh publik Jakarta. Jadi kita enggak boleh egois juga," jelasnya di Balai Kota, Jumat (9/2).

Sandi mengatakan pengendalian banjir sangat dibantu dengan adanya sodetan. Dengan adanya sodetan, air kiriman dari hulu bisa dikelola dengan baik sehingga tidak meluap dan menyebabkan banjir. Karena itulah pemerintah dan warga perlu bekerja sama.

Sandi mengungkapkan akan berdialog dengan warga membahas perihal ini. Ia pun mengaku punya pengalaman sebelum menjadi Wagub DKI mengajak warga berdialog terkait pembangunan.

"Saya pengalaman waktu bangun infrastruktur di beberapa tempat ajak dialog warga, diajak mediasi. Kita ingin mudah-mudahan mereka dukung dan apapun hasilnya pemerintah provinsi bisa laksanakan," ujarnya.

Ia mengatakan lahan di Bidara Cina juga sebagian milik Pemprov DKI Jakarta tapi dikuasai masyarakat. Untuk itu menurutnya perlu ada kesepakatan supaya tidak terjadi kasus hukum yang berlarut-larut.

Jika nanti lahan tersebut diambil Pemprov DKI, kemungkinan warga tak akan mendapatkan ganti rugi. "Kita cari tahu (ganti rugi atau tidak) karena mereka sudah tinggal di situ dalam jangka waktu yang lama," pungkasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini