Rute pengalihan arus saat malam takbiran di Jakarta

Sabtu, 18 Agustus 2012 19:00 Reporter : Henny Rachma Sari
Rute pengalihan arus saat malam takbiran di Jakarta macet. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Dalam rangka menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan nyaman di wilayah hukum Polda Metro Jaya, sejumlah kawasan di Jakarta akan dilakukan pengalihan arus. Tindakan ini diambil untuk meminimalisir kemacetan di ruas-ruas jalan selama kegiatan takbiran.

"Khusus malam takbir menyambut Hari Lebaran 1433 H, jajaran Polda Metro Jaya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas secara situasional demi kenyamanan dan keamanan," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono saat dihubungi wartawan di Jakarta, Sabtu (18/8).

Berikut lokasi pengalihan arus lalu lintas :

Jika terjadi peningkatan volume kendaraan pada ruas Jalan MH Thamrin, maka akan dilakukan alih arus di beberapa lokasi :

I. Istana Negara dan Monas dari arah Harmoni (Jl. Hayam Wuruk) menuju Istana akan dialihkan melalui Jalan S Pranoto-Cideng-Tanah Abang dan Jalan Ir Juanda-Jalan Veteran/Jalan Kathedral.

- Jalan MH Thamrin menuju Istana Negara akan dialihkan melalui Jalan KH Wahid Hasyim/Jalan Kebon Sirih-Jalan Cideng Barat-Jalan S Pranoto dan Kebon Sirih-Jalan M Ridwan Rais-Jalan Perwira serta Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis.

- Bundaran HI, dari arah Jalan Jenderal Sudirman dialihkan melalui Jalan Teluk Betung-Jalan Kebon Kacang/Dukuh atas-Jalan Kendal dan dari arah Jalan Jenderal Sudirman melalui Dukuh Atas-Tanah Abang Jalan Galunggung kemudian dari arah Patung Kuda Thamrin melalui Jalan Wahid Hasyim-Jalan Agus Salim dan Jalan Sabang-Jalan Sutan Syahrir.

II. Akan dilakukan penertiban terhadap kegiatan masyarakat di malam hari khususnya di sekitar Monas pada pukul 24.00 WIB dalam rangka keamanan dan ketertiban umum.

III. Seluruh akses masuk ke Jakarta akan dilakukan upaya penyekatan terhadap kendaraan yang melanggar aturan tata tertib lalu lintas antara lain :

- Kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang.

- Orang/penumpang yang naik di atas kap/atap kendaraan.

- Pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan berbonceng lebih dari satu orang. [tts]

Topik berita Terkait:
  1. Lebaran
  2. Kemacetan Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini