RT di Menteng Dalam Karantina 5 Buruh Proyek yang Baru Tiba dari Daerah

Minggu, 7 Juni 2020 09:19 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
RT di Menteng Dalam Karantina 5 Buruh Proyek yang Baru Tiba dari Daerah karantina mandiri di menteng dalam. ©2020 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Rukun Tetangga (RT) 005/ RW 012 Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan mengarantina lima orang pekerja proyek tanpa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) saat tiba di wilayah tersebut.

Ketua RT 05 Heru Setiawan Putra, mengatakan, kelima pekerja proyek tersebut diminta untuk menjalani isolasi atau karantina mandiri selama 14 hari di rumah kontrakannya.

"Selama 14 hari mereka diisolasi di kontrakan mereka, dengan pengawasan dari warga dan pengurus RT, tidak boleh bekerja dulu sampai karantina selesai," kata Heru, dikutip dari Antara, Minggu (7/6).

Heru menyebutkan, lima pekerja proyek tersebut baru tiba dari kampung halamannya, Sabtu (6/6). Mereka berasal dari Kediri, Nganjuk, Blora, dan Bandung.

Pekerja proyek tersebut akan mengerjakan proyek pembangunan gedung perkantoran Daswin Office Tower, 56 lantai di kawasan Setiabudi, Kuningan.

"Total ada delapan orang yang akan di karantina, tapi yang baru datang baru lima orang, sisanya masih di perjalanan," kata Heru.

1 dari 1 halaman

Selama menjalani karantina, pekerja proyek tersebut tidak boleh bekerja selama 14 hari. Untuk kebutuhan makannya akan ditanggung oleh kantor sebanyak dua kali sehari yakni makan siang dan malam.

Pihak RT meminta pihak kantor untuk membeli makanan bagi pekerja tersebut dari warung makan yang ada di wilayah RT 005.

Menurut Heru, langkah ini diambil sebagai kontribusi kantor para pekerja tersebut tinggal.

"Jadi jatah makan para karyawan dua kali sehari akan dibayarkan setiap dua minggu oleh kantor. Sehingga denyut ekonomi warga yang sudah tiga bulan ini vakum, sedikit demi sedikit berjalan," kata Heru.

Teknis pemberian makan bagi pekerja proyek yang menjalani isolasi mandiri, penanggung jawab pekerja yang diisolasi menginformasikan segala kebutuhan sehari-hari kepada pada warga yang ditunjuk.

Apa saja keperluannya akan dikirimkan ke rumah isolasi tersebut, seperti kopi, makanan ringan dan lainnya. "Jadi kebutuhan hidup para pekerja tersebut tinggal telepon atau WA (WhatsApp) dan warga yang antar," kata Heru.

Saat diisolasi, pekerja proyek tersebut wajib menjalani protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan pengukuran suhu tubuh.

Kebijakan yang dilakukan RT 005 Kelurahan Menteng Dalam tersebut sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta yang mengintruksikan seluruh RT dan RW menjadi garda terdepan dalam mencegah penularan Covid-19 di wilayahnya.

Upaya yang dilakukan dengan mendata warga yang mudik dan kembali dari mudik, lalu melakukan isolasi mandiri bagi warga yang kedapatan kembali masuk ke Jakarta tanpa SIKM. [rnd]

Baca juga:
Pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan Pulau Galang Terus Berkurang
Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan di Tengah New Normal, Harus Menerima dan Disiplin
RT di Menteng Dalam Karantina 5 Buruh Proyek yang Baru Tiba dari Daerah
Puluhan Orang 'Serbu' RS di Makassar, Ambil Paksa Jenazah PDP Covid-19
Dokter Spesialis di Palembang Ingatkan Potensi OTG Virus Corona pada Anak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini