Riza Patria Dinilai The Real Gubernur Karena Anies Jarang Hadir Rapat di DPRD DKI

Rabu, 15 September 2021 09:41 Reporter : Fikri Faqih
Riza Patria Dinilai The Real Gubernur Karena Anies Jarang Hadir Rapat di DPRD DKI Wagub DKI Buka Kemungkinan Jalur Road Bike di GBK. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sering absen menghadiri rapat paripurna, dan selalu digantikan wakilnya, Ahmad Riza Patria. Sikap Riza yang selalu pasang badan dalam setiap kesempatan menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin.

Direktur Indonesia Watch for Democracy (IWD), Endang Tirtana mempertanyakan sikap Anies yang selalu menghilang saat rapat yang membahas anggaran. Biasanya, dia menambahkan, Riza selalu menggantikan posisi Anies dalam rapat tersebut.

“Keberanian Wagub Riza Patria hadir pada pembahasan anggaran menunjukkan sikap seorang pemimpin yang mengerti bahwa DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat,” katanya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (15/9).

Sikap Riza Patria ini patut mendapat apresiasi, dia menegaskan, karena seorang pemimpin tidak hanya berani pada kata-kata tetapi juga pada tindakan. Pemimpin yang baik tidak hanya berlindung di balik kata rakyat, tetapi juga berani menghadapi wakil rakyat.

“Keberanian Riza Patria berbeda pandangan dengan Anis menunjukkan bahwa Riza Patria adalah orang yang memiliki karakter keteguhan pada sikap dan pendirian. Riza Patria tampaknya bukan tipe pemimpin yang lebih mementingkan citra ketimbang solusi,” ujarnya.

Endang mengungkapkan, beberapa perbedaan sikap politikus Gerindra itu dengan Aneis. Seperti lockdown akhir pekan, boleh tidaknya bermain skateboard di trotoar, membawa kerabat dalam arus balik ke Jakarta semasa pandemi, hingga penutupan Holywings terkait pelanggaran PPKM.

“Riza Patria bakal menjadi the real gubernur, jika mampu konsisten dengan sikap dan keberaniannya berpihak pada kepentingan rakyat, ketimbang hanya kata-kata dan mempersolek diri sebagai pemimpin yang merakyat tetapi tidak mendengar suara dan aspirasi rakyat. Apalagi secara politik Riza Patria didukung oleh kendaraan partai politiknya, Gerindra,” tutupnya.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, Anthony Winza mempertanyakan sikap Gubernur Anies Baswedan yang kerap absen menghadiri rapat paripurna. Kehadiran Anies, kerap digantikan oleh Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

"Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih kepada Pak Wagub yang selalu hadir di rapat-rapat penting seperti ini menggantikan Pak Gubernur yang saya lihat kalau di rapat seperti anggaran ini tidak terlihat hadir, mungkin ada kesibukan lain, tapi saya menghargai Pak Wagub," ucap Anthony di DPRD DKI, Rabu (8/9).

Diketahui, hari ini DPRD menggelar rapat paripurna dengan agenda pertanggungjawaban penggunaan APBD DKI 2020. Sedianya, Gubernur Anies Baswedan menghadiri rapat dan menyampaikan sambutan.

Namun kehadirannya diwakili oleh Riza. Dalam sambutan Anies yang dibacakan ulang oleh Riza, berisi harapan hubungan eksekutif dan legislatif Jakarta dapat bersinergi baik yang berdampak positif terhadap laporan keuangan daerah dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Saya ingin menggarisbawahi pentingnya kita terus menjaga semangat kemitraan antara legislatif dan eksekutif yang telah terbina dengan sangat baik selama ini," ucap Riza di Gedung DPRD, Rabu (8/9).

Dalam sambutannya, Anies mengatakan sinergi eksekutif dengan legislatif menjadi penting untuk membangun pondasi yang kokoh untuk membangun kota Jakarta.

Dia menuturkan, kolaborasi eksekutif dengan legislatif dapat dilakukan dengan menjalankan tugas dan fungsi kewajiban masing-masing.

"Eksekutif berharap dewan terus mengawal dan memberikan masukan dalam setiap pelaksanaan APBD DKI Jakarta sehingga memberikan kontribusi terhadap upaya pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menghadirkan kesetaraan keadilan dan kebahagiaan bagi warganya meningkatkan kinerja mempertahankan opini WTP terhadap laporan keuangan pemerintah," paparnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini