Respons Kasetpres Heru jadi Calon Pj Gubernur DKI: Masih Banyak Senior Lebih Pantas

Rabu, 17 Agustus 2022 16:42 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Respons Kasetpres Heru jadi Calon Pj Gubernur DKI: Masih Banyak Senior Lebih Pantas Kasetpres Resmikan Ruang Konservasi Benda Seni Istana Kepresidenan. ©Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan purna tugas pada bulan Oktober 2022. Kekosongan jabatan itu akan diisi oleh Penjabat (Pj) Gubernur hingga tahun 2024.

Nama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi salah satu kandidat menjadi Pj Gubernur DKI. Namun Heru menilai, banyak sosok lain yang lebih pantas ketimbang dirinya. Soal namanya menjadi salah satu kandidat sebagai PJ Gubernur DKI, Heru menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya saya rasa tidak perlu ditanggapi. Masih banyak yang lebih pantas dan tentunya kan kewenangan beliau (presiden)," kata Heru di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8).

Heru tak mau berspekulasi jika Kepala Negara memilihnya sebagai Pj Gubernur DKI. Menurut dia, masih banyak tokoh senior pantas menjadi Pj DKI.

"Masih jauhlah. Masih banyak yang senior-senior masih pantas," ujar dia.

Lebih lanjut, Heru menyerahkan semua keputusan kepada Presiden Jokowi. Dia tak mau berharap lebih soal Pj Gubernur DKI.

"Kita serahkan ke alam semesta saja," tukas Heru.

2 dari 3 halaman

3 Kandidat PJ Gubernur Pengganti Anies

Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani mengungkap tiga nama yang beredar menggantikan Anies Baswedan setelah selesai menjadi gubernur pada Oktober 2022 sebagai penjabat gubernur. Menurut Zita, ketiga nama itu memiliki reputasi baik terutama soal kepemimpinan.

Zita menyebut tiga nama tersebut yakni Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang sebelumnya sempat menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta pada masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) periode 2015-2017.

Selain itu, ada juga Sekretaris Daerah DKI yang saat ini menjabat, yakni Marullah Matali dan Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro yang sebelumnya sempat menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, 2016-2017.

"Kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan, semuanya bagus," kata Zita di Jakarta, Jumat (13/5), dikutip Antara.

Dia mengharapkan pengganti Anies juga harus orang yang punya jiwa kepemimpinan yang sama. Meski begitu, kewenangan penuh pengangkatan penjabat Gubernur DKI ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kemendagri.

"Buat saya yang terpenting adalah pekerja, dan paham seluk beluk Jakarta," kata Zita.

3 dari 3 halaman

Mendagri Sudah Kantongi Tiga Nama PJ Gubernur Pengganti Anies Baswedan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya tengah menyerap aspirasi masyarakat dan pelbagai pihak terkait penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Diketahui, masa jabatan Anies habis pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Tito mengungkapkan, pihaknya menyiapkan tiga nama yang akan diusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan September.

"Tiga nama diajukan ke Pak Presiden, sebulan sebelum lah, September kita nanti akan sudah dapat nama kita ajukan ke Bapak Presiden," jelas Tito kepada awak media di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Kamis (12/5).

Terkait syarat yang wajib dipenuhi untuk jabatan tersebut, Tito memastikan seorang pejabat tinggi dan berpangkat eselon satu.

"Dia harus seorang pejabat pimpinan tinggi madya, jadi dia eselon satu," tegas Tito.

Selain Jakarta, Kemendagri juga akan mencari kandidat Pj gubernur untuk Provinsi Aceh yang akan dilantik pada Juli mendatang. [gil]

Baca juga:
Ombudsman Temukan Tiga Malaadministrasi Pengangkatan Pj Kepala Daerah
Pelantikan Pj Gubernur Aceh Tidak di Jakarta, Ini Penjelasan Mendagri
Achmad Marzuki Resmi Jadi Pj Gubernur Aceh, Diminta Perjuangkan Dana Otsus
Kemendagri: Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki sudah Pensiun dari TNI
Mendagri Pastikan Pj Kepala Daerah Tak Bakal Lagi Tunjuk TNI-Polri Aktif
Mendagri Lantik Purnawirawan TNI Achmad Marzuki Jadi Penjabat Gubernur Aceh Besok

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini