Punya 8 Unit Tongkang, Pemprov DKI Bisa Keruk Waduk Pluit Capai 3 Meter

Minggu, 26 Desember 2021 17:46 Reporter : Yunita Amalia
Punya 8 Unit Tongkang, Pemprov DKI Bisa Keruk Waduk Pluit Capai 3 Meter Pengerukkan Waduk Pluit. ©2019 Liputan6.com/ Faizal Fanani

Merdeka.com - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta memiliki 8 unit tongkang yang difungsikan untuk mengeruk lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, keberadaan tongkang mempercepat proses pengangkutan lumpur dalam jumlah besar.

Riza menjelaskan, sebelum memiliki tongkang, pengangkutan lumpur dari titik tengah waduk, melibatkan sekitar 7 ekskavator yang secara paralel memindahkan lumpur ke sisi pinggir waduk.

"Dulu kalau kita keruk waduk, di tengah itu secara estafet ekskavator dari tengah ke pinggir bisa sampai 7 unit, dan itu tidak efisien. Sekarang cukup hanya 2 ekskavator," kata Riza di Waduk Pluit, Minggu (26/12).

Kapal tongkang atau ponton merupakan jenis kapal pengangkut barang berkapasitas besar, yang bentuknya seperti kotak besar terapung.

2 dari 2 halaman

Riza menambahkan, untuk saat ini kapal tongkang dipusatkan di Waduk Pluit. Hal ini dikarenakan luas bagian air di waduk tersebut mencapai 77 hektar, sedangkan luas total waduk seluas 80 hektare.

Politikus Gerindra itu juga berharap, adanya tongkang di Waduk Pluit, kedalaman pengerukan bisa mencapai 3 meter bahkan lebih. Sehingga, kedalaman pengerukan dapat menambah daya tampung air saat musim hujan.

Selama ini, saat pengerukan tanpa menggunakan tongkang, kedalaman pengerukan hanya mampu 1,5 meter.

"Kalau sekarang hanya di rata-rata 1 setengah meter, mungkin sampai 2 meter kedalaman air nanti diupayakan bisa sampai 3 meter, syukur-syukur bisa lebih," harap Riza.

Baca juga:
Hujan Deras, Satu Ruas Jalan di Kebon Jeruk Tergenang Banjir
Wagub DKI Harap Tidak Ada Banjir Rob Saat Formula E Digelar di Kawasan Ancol
Sirkuit Formula E di Ancol, Pemprov DKI Antisipasi Banjir Rob
PDIP Jakut Soroti Permasalahan Sampah Jakarta yang Tidak Ada Solusi
Area Bongkar Muat Barang Bandara Soekarno-Hatta Tergenang Air
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Jakarta Jadi Lautan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini