Proses Karantina Selesai, 137 Pelajar Magang Jepang Dipulangkan ke Daerah Asal

Kamis, 28 Mei 2020 10:15 Reporter : Lia Harahap
Proses Karantina Selesai, 137 Pelajar Magang Jepang Dipulangkan ke Daerah Asal Rapid test Covid-19 di Bundaran HI. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Sebanyak 137 pelajar peserta magang dari Jepang telah dipulangkan ke daerah masing-masing. Sebelumnya, mereka lebih dulu menjalani karantina sejak 22 Mei lalu atau setibanya di Tanah Air.

"Seluruhnya sudah dipulangkan hari ini, mayoritas ke berbagai daerah paling banyak Jawa tengah," kata Kapolrestro Jakarta Timur, Kombes Pol Arie Ardian Rishadi, di Jakarta. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (28/5).

Arie mengatakan hal itu usai melakukan pengecekan kondisi kesehatan para pelajar magang di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, yang menjadi lokasi karantina.

Arie mengatakan, selama proses karantina para pelajar SMK itu dilakukan rapid test dan swab test untuk memastikan mereka terbebas dari Covid-19.

Para pelajar dites kesehatan sebanyak dua kali untuk memastikan mereka aman dipulangkan ke daerah asal.

"Kepada seluruh pelajar dinyatakan negatif dan hari ini akan dipulangkan ke kediamannya di wilayahnya masing-masing," katanya.

Pelajar tersebut dipulangkan menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menuju daerah masing-masing.

Ratusan pelajar tersebut awalnya mengikuti program pemagangan Jepang Indonesia Economi Center (JIEC). Rata-rata mereka menjalankan pemagangan di Jepang selama tiga tahun. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini