Polisi biarkan motor lewati Jl MH Thamrin selama 1 bulan, setelah itu dievaluasi

Jumat, 12 Januari 2018 15:51 Reporter : Ronald
Larangan motor di Sudirman-Thamrin. ©2017 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah mencabut rambu larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Pencabutan ini tindak lanjut dari MA membatalkan Pergub DKI terkait larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Kasubdit Standarisasi Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Kingkin Winisuda, memberikan waktu satu bulan kepada Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta perihal pencabutan soal larangan sepeda motor di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Apakah efektif atau tidak.

"Akan dilakukan monitoring dan evaluasi, kita kasih limit waktu satu bulan. Apakah dampak daripada putusan itu membawa kemacetan parah apa sebaliknya. Kita pantau satu bulan," ujar Kingkin di Mapolda Metro Jaya, Jumat (12/1).

Jika yang terjadi kemacetan parah, tentunya akan dilakukan kajian ulang agar mencari solusi lain. Apalagi mengingat sepeda motor juga jadi salah satu pelanggar dan penyebab kecelakaan lalu lintas terbanyak.

"Karena sepeda motor produksinya setiap hari luar biasa, kemudian datanya pelanggaran lalu lintas motor mayoritas. Kemudian data laka lantas paling tinggi. Jadi sekali lagi kita berikan asistensi kepada Dirlantas (Polda Metro Jaya) terkait pembatasan sepeda motor. Nanti akan ada kajian sama-sama untuk wujudkan keamanan dan keselamatan lantas di DKI," ujarnya.

"Jadi intinya tetap kita laksanakan sampai monitoring, bagaimana dampaknya terhadap pembatasan ini. Rapat tadi ini itu sama-sama ingin wujudkan keamanan keselamatan, ketertiban," jelas Kingkin. [lia]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.