Polisi Bakal Sanksi Pesepeda Tak di Jalurnya

Senin, 8 Maret 2021 14:10 Reporter : Merdeka
Polisi Bakal Sanksi Pesepeda Tak di Jalurnya Lalu Lintas Pesepeda di Ibu Kota. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo meminta, pesepeda untuk mematuhi aturan yang berlaku. Mengingat Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan jalur untuk para pesepeda, salah satunya di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Bagi pesepeda yang melintasi jalur dan ada jalan pesepedanya tolong itu dilewati, manfaatkan jalur yang sudah disiapkan oleh pemerintah, karena kalau tidak mengikuti jalur yang telah disiapkan sementara di situ ada jalur sepedanya maka di situ melanggar aturan lalu lintas," katanya saat dihubungi, Senin (8/3).

Dia menegaskan, pesepeda yang melanggar aturan akan dikenai sanksi tilang sebagaimana yang tertuang pada Pasal 299 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Ada sanksinya. Nanti pada saatnya ketika jalur sepeda permanen sudah operasional secara resmi kita akan tindak pesepeda yang tidak lewat jalur sepeda," tegasnya.

Pernyataan ini menyusul rekaman video menampilkan rombongan pesepeda melintas di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Aksi pesepeda menjadi sorotan karena tidak melintas di jalur yang telah disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Salah satu akun Instagram @jakarta.terkini mengunggah ke media sosial. Terlihat pengendara mobil mengabadikan rombongan pesepeda yang memakan sebagian jalur. Dijelaskan, video direkam pada Sabtu, 6 Maret 2021.

"Rombongan pesepeda melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat pagi ini, Sabtu, 6/3/2021," seperti dikutip, Senin (8/3).

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini