Polda Metro Berharap Balap Motor Jalanan Mampu Minimalisir Kecelakaan

Minggu, 16 Januari 2022 19:31 Reporter : Dedi Rahmadi
Polda Metro Berharap Balap Motor Jalanan Mampu Minimalisir Kecelakaan Balap Motor di Ancol. Bachtiaruddin

Merdeka.com - Polda Metro Jaya menggelar perdana balap motor di Jalan Inpeksi Kali Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1). Adu balap kuda besi bertajuk latihan bersama itu dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo berharap penyelenggaraan balap motor jalanan resmi dapat meminimalkan kecelakaan yang cenderung tidak tercatat dalam ajang balap motor liar.

"Kecelakaan balap liar cenderung tidak tercatat karena tidak dilaporkan. Mereka tabrakan, kecelakaan, langsung dibawa sehingga mereka tidak lapor ke kita," kata Sambodo saat ditemui di Ancol. Seperti dilansir dari Antara.

Dengan adanya balap jalanan yang resmi ini, kecelakaan diharapkan tidak ada.

Sambodo mengatakan, setidaknya ada 39 lokasi yang sering dijadikan balap liar, berdasarkan catatan Polda Metro Jaya. Biasanya, panitia balap liar sering menutup jalan sehingga mengganggu lalu lintas kendaraan.

Karena itu, balap motor jalanan resmi diharapkan menjadi wadah bagi para pebalap yang ingin menyalurkan hobi mereka di tempat yang resmi dan telah ditentukan.

"Jadi mereka sudah punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan dengan menutup jalan, tetapi kita wadahi untuk balapan di tempat yang sudah ditentukan. Dengan demikian, keamanan lebih terjamin," kata Sambodo.

Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sepakat untuk menyelenggarakan balap jalanan (street racing) di Kawasan Ancol sebagai lokasi pertama untuk memfasilitasi pemilik hobi balap.

Berbeda dengan balap liar, balap motor jalanan yang digelar Polda Metro mengharuskan pebalap memakai helm demi keamanan.

Jika ada peserta dengan usia di bawah 17 tahun, mereka harus mendapat izin dari orang tua. [ded]

Baca juga:
Ratusan Pembalap Ramaikan Street Race Ancol
Polda Metro Jaya akan Evaluasi Pembatas untuk Penonton dengan Trek Balapan
Syarat dan Cara Pendaftaran Balapan Street Race yang Digelar Polda Metro Jaya
Cegah Dijadikan Ajang Judi, Balap Street Race Disiapkan hadiah Motor Hingga TV
Cerita Joki Balap di Ancol: Sekarang Lebih Nyaman Enggak Diuber-uber Polisi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini