PKS Tak Setuju Anies Baswedan Didorong Buru-Buru Jadi Capres

Rabu, 28 April 2021 11:39 Reporter : Yunita Amalia
PKS Tak Setuju Anies Baswedan Didorong Buru-Buru Jadi Capres Anies Baswedan di Pantai Teluk Penyu. ©Instagram/@aniesbaswedan

Merdeka.com - PKS menilai terlalu dini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan digadang-gadang akan menjadi calon presiden pada pemilihan presiden 2024. Walaupun Anies telah mendapatkan dukungan dari Billy Haryanto, seorang pengusaha beras di Sragen, Jawa Tengah. Kediaman Billy bahkan sudah disiapkan untuk menjadi rumah pemenangan di wilayah Solo Raya.

"Masih terlalu prematur membicarakan Pilpres saat ini, biarkan Pak Anies bekerja maksimal untuk DKI dulu agar warga DKI tahu kualitas kepemimpinan beliau," kata anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, Rabu (28/4).

Sementara itu, anggota Fraksi PSI, William Aditya Sarana mengatakan, sulit bagi Anies ikut serta dalam Pilpres 2024 lantaran kinerja selama ini menjadi Gubernur tidak tercapai dengan baik.

Sebaliknya, dia menilai, kinerja yang baik sebagai Gubernur DKI Jakarta akan memudahkan Anies menjadi calon Presiden di 2024.

"Jika pak Anies memiliki kinerja yang baik di DKI Jakarta, pasti akan memudahkan nasib beliau menjadi RI 1," ujarnya.

Jika Fraksi PKS, PDIP, PAN, dan PSI turut berkomentar peluang Anies dalam kontestasi Pilpres, Fraksi Golkar, Gerindra, Demokrat, PPP dan PKB enggan menanggapi hal itu.

"No comment," ujar singkat Ketua Fraksi Golkar Basri Baco.

Sebelumnya, rumah Billy di Sragen untuk posko pemenangan Anies di wilayah Solo Raya. Saat ini posko di rumahnya telah dipasang sebuah spanduk bertuliskan 'Joglo Kemenangan Anies Capres 2024'.

"Muda Mudi di Solo Raya siap mendukung Pak Anies. Saya sudah mendirikan posko pemenangan Anies Capres 2024 dan Pak Anies sudah berkunjung ke sini," ujar Billy saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (27/4).

Billy menyebut, mantan Menteri Pendidikan Kabinet Jokowi itu telah mampir ke rumahnya di Sragen, dalam perjalanan ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu lalu. Meski Pilpres masih 3 tahun lagi, namun dia mengaku mantab untuk memberikan dukungan kepada Anies.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jakarta menilai, sosok Anies mirip dengan presiden Joko Widodo alias Jokowi. Saat Pilpres lalu, ia juga memberikan dukungan kepada mantan Wali Kota Solo itu. Namun karena Jokowi sudah tidak bisa maju lagi, ia memilih Anies sebagai gantinya.

"Dulu saat Pilpres saya ini pendukung Jokowi. Sampai sekarang juga masih. Tahun 2024 mudah-mudahan Pak Anies dapat tiket Capres, pasti saya akan dukung," tandasnya.

Billy menegaskan, jika Anies maju sebagai capres, komunitas pedagang beras Pasar Induk Cipinang yang berasal dari sejumlah daerah akan memberikan dukungan. Dukungan para pedagang itu juga diberikan kepada Jokowi saat Pilpres 2014 dan 2019.

"Saya kira dukungan pedagang beras ini jumlahnya signifikan. Selain banyak dan kompak, pasti para petani juga akan mendukung," katanya.

Billy menilai, sosok Anies layak bertarung di Pilpres 2024. Salah satu prestasi atau keberhasilan Anies yang nampak adalah mengatasi Covid-19 di Ibu Kota. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini