Petugas Bersihkan 31 Ton Sampah Acara Relawan Jokowi, Begini Kondisi GBK Hari Ini

Minggu, 27 November 2022 17:00 Reporter : Lydia Fransisca
Petugas Bersihkan 31 Ton Sampah Acara Relawan Jokowi, Begini Kondisi GBK Hari Ini Kondisi kawasan GBK, Minggu (27/11). ©2022 Merdeka.com/Lydia Francisca

Merdeka.com - Sejumlah relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar acara silaturahmi nasional bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11) kemarin. Seusai acara, terlihat banyak tumpukan sampah di sekitar GBK.

Berdasarkan pantuan merdeka.com pada Minggu (27/11) sekitar pukul 12.00 WIB, lingkungan sekitar Stadion Utama GBK masih terdapat sejumlah sampah. Namun, sampah itu merupakan sampah dari kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD).

"Ini mah sampah tadi dari CFD. Kalau acara kemarin sudah kelar (dibersihin) semua. Paling sisa 10 persen sudah (dibersihin) tadi pagi," kata salah satu petugas PJLP di sana.

Hal itu juga dibenarkan satpam yang sedang bertugas di GBK, Ferdinan.

"Iya benar itu sampah tadi pagi. Kalau sampah kemarin, enggak mungkin. Sudah dibersihin semua tadi malam sama sedikit-sedikit tadi pagi," jelas Ferdinan.

2 dari 2 halaman

Kerahkan Puluhan Kendaraan

Sebelumnya, Lurah Gelora Nurul Huda mengatakan, setiap ada acara di Stadion Utama GBK, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) selalu dikerahkan untuk melakukan penanganan dini hingga pembersihan pascaselesainya acara.

"Sudah menjadi rutinitas kami. Kalau ada acara itu pasti ada sampah. Untuk itu kami selalu secepat mungkin melakukan pembersihan dibantu unsur dari Dinas dan Sudin LH Jakarta Pusat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11).

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta telah mengumpulkan total 31 ton sampah selama berlangsungnya acara relawan tersebut. Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto, mengatakan giat bersih GBK itu melibatkan hingga 500 orang personel pasukan oranye. Pasukan langsung bergerak cepat setelah kegiatan Nusantara Bersatu selesai pada sore hari.

"Semua terlibat dalam membereskan sampah ini. Baik dari Kasudin, Kasatpel, hingga PJLP semua terlibat. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras, kerja sama dan kekompakannya dalam menuntaskan penanganan sampah ini," kata Asep dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (26/11).

Asep juga menerangkan bahwa pihaknya telah mengerahkan puluhan kendaraan yang terdiri dari mobil lintas (pikap), street sweeper, serta truk sampah anorganik.

"Kita mengerahkan 28 unit mobil pick up, 14 unit street sweeper, serta 10 unit truk. Untuk menunjang kegiatan Nusantara Bersatu ini kami juga menyediakan 38 unit toilet portable, 2 unit bis toilet VIP, truk tangki air bersih 2 unit, dan truk tangki air kotor 3 unit," jelas Asep. [yan]

Baca juga:
Sekjen PDIP Sesalkan Mobilisasi Relawan di GBK: Ring Satu Presiden Jokowi Jangan ABS
Sekjen PDIP Sebut Citra Jokowi Turun karena Hadiri Acara Relawan di GBK
Hadiri Acara Relawan, Jokowi Dinilai Melemah di Mata Parpol
PDIP Sindir Relawan Jokowi Gelar Acara di GBK: Harusnya Bantu Korban Gempa Cianjur
PDIP Minta Relawan Tak Jebak Jokowi soal Pilpres 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini