Peringati Hari Perhubungan, Anies Ajak Warga Jakarta Banyak Bersepeda dan Jalan Kaki

Selasa, 17 September 2019 11:00 Reporter : Hari Ariyanti
Peringati Hari Perhubungan, Anies Ajak Warga Jakarta Banyak Bersepeda dan Jalan Kaki Anies naik motor. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendorong warga Jakarta lebih banyak menggunakan sepeda dan berjalan kaki. Hal itu disampaikan usai menghadiri apel dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (16/9) pagi.

"Jadi kita di Jakarta bicara perhubungan adalah bicara tentang peningkatan jumlah penumpang kendaraan umum dan mendorong warga lebih banyak menggunakan sepeda serta berjalan kaki. Kita alhamdulillah bersyukur bahwa jumlah penumpang kendaraan umum makin hari makin meningkat. Dan dengan cara seperti itu maka kemacetan di Jakarta bisa kita kurangi," kata dia.

Dalam rangka mendorong lebih banyak warga menggunakan sepeda, Anies mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan jalur-jalur sepeda. Dengan demikian lebih banyak warga yang menggunakan sepeda dalam beraktivitas.

"Saya ingin garisbawahi terkait sepeda, sepeda bukan saja dipandang sebagai alat olahraga tapi juga alat transportasi yang punya implikasi berolahraga tapi sebagai alat transportasi. Dengan begitu keseharian kita dengan lokasi yang dekat, untuk jarak-jarak tempuh yang memungkinkan menggunakan sepeda, kita mendorong masyarakat menggunakan sepeda," jelasnya.

Selain akan memperbanyak jalur sepeda, Anies juga mendorong agar dibangun tempat parkir sepeda yang lebih banyak. Dia meminta gedung-gedung perkantoran milik swasta membangun tempat parkir sepeda lebih banyak. Dengan demikian dapat memudahkan warga yang menggunakan sepeda.

"Lalu pembangunan trotoar juga kita dorong supaya warga lebih banyak lagi berjalan kaki. Itu pesan khusus terkait dengan Jakarta, karena bagaimanapun juga kita bicara perhubungan di Jakarta yang kita dorong adalah kendaraan umum massal," jelasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini