Penyerapan APBD DKI Tak Mencapai Target, PDIP Salahkan Anies Baswedan

Rabu, 2 Januari 2019 11:37 Reporter : Merdeka
Penyerapan APBD DKI Tak Mencapai Target, PDIP Salahkan Anies Baswedan anies baswedan. ©2018 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono angkat bicara mengenai pencapaian serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2018 yang meleset dari target dan hanya mencapai 82,03 persen.

Padahal Pemprov DKI memiliki target penyerapan anggaran 2018 sebesar 87 persen. Karena itu, Gembong menilai, tak tercapainya target diakibatkan dari kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adapun beberapa kebijakan yang menyebabkan tidak tercapainya penyerapan anggaran seperti, menetapkan pejabat menjadi pelaksana tugas atau Plt serta adanya rotasi pejabat eselon II.

"Walaupun bolak-balik, Gubernur selalu menyampaikan bahwa Plt itu diberikan kewenangan penuh sama seperti definitif, tapi dalam konteks pelaksanaan di lapangan, faktanya, kan enggak seperti itu juga," kata Gembong saat dihubungi di Jakatta, Rabu (2/1).

Dia juga menyebut Plt dalam melaksanakan tugasnya masih ragu dalam mengeksekusi anggaran yang ada. Tak hanya itu, Gembong menegaskan, perencanaan SKPD masih sangat lemah.

"Kalau perencanaan mateng pasti akan dilakukan eksekusi karena lemah maka terjadi seperti sekarang," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta menyebutkan hingga akhir Desember 2018, serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta mencapai target 82,03 persen.

"Jadi Alhamdulillah, serapan kita seperti target 82 persen. Jadi berdasarkan data APBD 2018 itu sebesar 83,26 triliun kemudian realisasi penerimaannya per tadi malam itu sebesar Rp 61,29 triliun atau 93,14 persen," kata Anies Baswedan di Balai Kota, Selasa (1/1).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini