Penjelasan Pemprov DKI Drainase Vertikal Tak Diperbesar saat Curah Hujan Tinggi

Kamis, 4 November 2021 09:25 Reporter : Yunita Amalia
Penjelasan Pemprov DKI Drainase Vertikal Tak Diperbesar saat Curah Hujan Tinggi Pembuatan Sumur Resapan Antisipasi Banjir. ©2021 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) Dudi Gardesi mengatakan drainase vertikal dengan daya tampung hujan 100 mm per hari, sudah cukup besar. Banyak faktor yang menyebabkan memperbesar kapasitas daya tampung bukan hal sederhana.

"100 mm per hari itu besar, untuk curah hujan 100 mm itu kita bisa tangani semua itu tergantung dari desainnya," ucap Dudi, Kamis (4/11).

Dudi menjelaskan alat pendukungnya untuk memperbesar kapasitas daya tampung dengan menambah kedalaman atau melebarkan drainase vertikal juga belum tentu tersedia.

"Terkait tidak bisa didalami karena tergantung sistemnya kalau kita pakai pompa, pompa pun harus kita hitung juga ada tampungannya atau enggak jarak dengan daerah yang tergenang," jelasnya.

"Lalu masalah kedalaman, kalau asal main dalam saja pompa kita juga ujungnya seberapa tinggi headnya itu, kan jadi batasan juga jadi enggak main asal dalam," ujar dia.

Pengamat tata kota Nirwono Yoga mengkritik upaya-upaya Pemprov DKI dalam penanggulangan banjir tidak menuntaskan akar masalah. Seperti halnya drainase vertikal dengan daya tampung 100 mm per hari jelas mustahil menjadi faktor pendukung pengendalian banjir. Sebab, kata Nirwono, curah hujan esktrem rerata saat ini mencapai 200-300 mm per hari.

"Sudah tahu begitu, kenapa tidak diperlebar atau diperdalam? Membuat trotoar selebar 8 meter bisa, mengapa tidak sekalian menambah kapasitas data tampung?" cecar Nirwono. [ray]

Baca juga:
Mensos Risma: Perlu Mitigasi Banjir di Kalimantan Barat
Banjir Bandang di Kudus Diduga Kuat Akibat Hutan Gundul
Mensos Tugaskan Staf Tinggal di Daerah Banjir Tepian Kapuas
Warga Korban Banjir dan Longsor di Kabupaten Bogor akan Direlokasi
BKMG Peringatkan Potensi Banjir Rob hingga Pekan Depan, Warga Medan Diminta Waspada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini