KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pengendara motor harus sadar jika trotoar untuk pejalan kaki

Senin, 17 Juli 2017 14:01 Reporter : Syifa Hanifah
Bocah setop pemotor di trotoar. ©2016 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga DKI Yusmada Faizal mengatakan perlu adanya kerja sama dan kesadaran dari para pengemudi kendaraan bermotor untuk tidak melintas di jalur khusus pejalan kaki atau trotoar. Menurutnya, itu adalah hal penting demi kenyamanan bersama.

"Itu tadi, sama-sama menggerakkan kesadaran bersama. itu yang paling penting the law enforcement," kata Yusmada di Balai Kota, Senin, (17/7).

Menurutnya trotoar itu memang difungsikan sebagai jalur khusus pejalan kaki bukan untuk hal lain. "Dari sisi desain ya seperti itu. kita hanya pendekatan. arahan bahwa itu sebagai simbol, bahwa trotoar itu bukan untuk penggunaan selain pejalan kaki," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan untuk menindak tegas pengemudi sepeda motor yang melintasi jalur khusus pejalan kaki atau trotoar, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menindak tegas setiap pelanggaran lalu lintas.

"Bukan hanya itu, banyak juga motor yang contra flow seperti itu. Oleh karena itu, kita akan ada yang namanya lintas jaya nih, yang setiap hari kita lakukan penindakan menyasar kepada angkutan umum, nah dengan nanti terpadu, masing-masing nih," katanya.

Nantinya akan diperlakukan tindakan tegas bagi siapapun yang melanggar. "Kami melakukan [penindakan] angkutan umum, polisi melakukan tindakan ke kendaraan pribadi. Jadi ada tilang kami, ada tilang mereka, begitu kesepakatannya," pungkas Andri. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.