Pengedar narkoba punya modus operandi baru

Kamis, 20 Desember 2012 16:02 Reporter : Mustiana Lestari
Pengedar narkoba punya modus operandi baru Ekpos Narkoba . ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Dari penangkapan yang terjadi selama rentang bulan Januari hingga November 2012, Polri menyimpulkan telah ada pergeseran modus operandi yang dilakukan para pengedar narkoba. Kini para pengedar gemar melakukan penyelundupan dari luar negeri dibanding sebelumnya.

"Sindikat narkoba mengalami perubahan modus operandi tahun 2011. 2011 Masih menemukan lab gelap narkoba apakah itu mega lab dan kitchen lab. Modus operandinya sekarang mereka menyelundupkan narkoba dari luar negeri," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba, Brigjen Pol Arman Depari di kantornya, Jakarta, Kamis (20/12).

Para pengedar yang ditangkap juga masih merupakan sindikat lama. Di antaranya bahkan bekerja sama dengan sindikat lokal.

"Sindikat yang masih aktif itu Afrika Barat, Cina, Iran, Afghanistan dan Pakistan, Malaysia, Belanda yang berkolaborasi dengan sindikat lokal. Masih terdapat keterlibatan narapidana terutama mereka melakukan bisnis jual narkoba bahkan sampai mengendalikan sindikat," lanjut Arman.

Selain itu dari data yang didapat, jaringan sindikat internasional yang paling banyak ditangkap berasal dari Malaysia dan Iran. Bahkan tiga di antara WNA Malaysia itu satu di antaranya ditembak mati beberapa waktu lalu. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Narkoba
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini