Pengaspalan Lintasan Formula E Rampung, Lanjut Pasang Tribun

Selasa, 12 April 2022 17:53 Reporter : Yunita Amalia
Pengaspalan Lintasan Formula E Rampung, Lanjut Pasang Tribun Sirkuit Formula E di Ancol. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Vice President Communication Organizing Committee Formula E, Iman Sjafei menyampaikan pengaspalan lintasan Formula E telah rampung. Tahapan pembangunan sirkuit selanjutnya yaitu memasang grandstand dan paddock.

"Lintasan sudah jadi, sekarang lagi bangun kelengkapan kanan kiri pagar terus tribun jembatan-jembatan," kata Iman, Selasa (12/4).

Meski pengaspalan telah selesai, Iman menyampaikan bahwa masih ada tahapan akhir untuk memastikan aspal benar-benar halus, dan bebas dari kerikil batu.

Dia menyampaikan, kesiapan aspal saat ini sudah cukup layak, hanya saja panitia ingij memastikan keamanan para pebalap saat melakukan uji coba ataupun saat bertanding ini.

"Untuk nanti balapan kan harus beneran halus clean lah, itu di finishing terakhir setelah masang kanan kiri (pagar)," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan target pengaspalan rampung pada 28 April.

Target dan capaian pembangunan Fomula E disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat mengunjungi sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Saya sedang mengunjungi sirkuit Formula E yang satu minggu lagi selesai pengaspalannya, kemudian direncanakan tanggal 28 April selesai grandstand-nya landscape-nya, setelah lebaran mulai dibuat tribun," kata Riza melalui akun instagram @arizapatria, dikutip pada Kamis (7/4).

Usai meninjau capaian pembangunan Fomula E, Riza berujar bahwa persiapan sudah dilakukan sangat baik.

Dia juga meminta dukungan warga Jakarta agar pembangunan sirkuit permanen ini dapat selesai tepat waktu.

"Kita doakan semoga sirkuit ini yang dibuat secara permanen bisa selesai sesuai waktu dan memenuhi standar yang diminta," ujarnya.

Pembangunan lintasan Formula E sejatinya mundur dari target. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebelumnya menargetkan pembangunan lintasan rampung pada Maret.

"Target itu sebelum tutup bulan ini, agak mundur dikit 2-3 hari ya karena ada review dari panitia, ya sekitar awal April sudah selesai," ujar Syarif usai meninjau lintasan Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (25/3).

Informasi itu diterima Syarif dari pihak PT Jakpro. Syarif menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterima, penyelesaian molor karena ada beberapa review dari federation international automobile (FIA).

Review tersebut diberikan untuk memastikan keamanan para pebalap saat bertanding nanti.

Desainer sirkuit yang juga membantu proses desain sirkuit Formula E, Irawan Sucahyono, kemudian mengonfirmasi penjelasan yang disampaikan Syarif.

"Kemarin ditinjau FIA ada sedikit perubahan harus segini segitu target ditentukan FIA kita ada sedikit kemunduran awal April," kata Irawan.

Syarif dan Irawan pun tidak mengetahui perihal ada tidaknya tambahan anggaran seiring dengan molornya target penyelesaian lintasan Formula E.

"Yang kemarin disampaikan FIA hanya menyatakan ada beberapa hal yang dia pengen adjust di luar treknya, treknya okay semua tentang hal keselamatan," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Vice Managing Director Formula E Jakpro, Gunung Kartiko mengklaim tidak ada tambahan anggaran sehubungan molornya pembangunan lintasan dari target.

"Enggak ada," ujar singkat Gunung.

Gunung tidak menjelaskan lebih detil penyebab molornya pembangunan lintasan.

Hanya saja, menurut Irawan, target tidak tercapai karena ada beberapa review dari federation international automobile (FIIA).

Review tersebut menurut Irwan demi keamanan para pebalap mobil listrik saat bertanding nanti.

"Kemarin ditinjau FIA ada sedikit perubahan harus segini segitu target ditentukan FIA kita ada sedikit kemunduran awal April," kata Irwan.

Saat merdeka.com berkesempatan meninjau lokasi Formula E, belum ada pemasangan tribun dan paddock.

Disampaikan oleh Irwan bahwa tribun penonton dan paddock sedang dalam proses pembuatan.

Pada Jumat (25/3) progress pengaspalan sudah 87,91 persen. Sepanjang lintasan telah dilapisi asphalt concrete-binder course (AC-BC) dengan ketebalan 7 cm.

Dirangkum dari sumber yang berkaitan dengan teknis sipil, AC-BC merupakan lapisan pengerasan yang terletak dibawah lapisan aus (wearing course) dan di atas lapisan pondasi (base course).

Lapisan ini wajib memiliki ketebalan cukup tinggi untuk mengurangi beban yang melintas di permukaan atas dan bergerak hingga ke permukaan tanah dasar. [rhm]

Baca juga:
Taufik Yakin Tujuh Fraksi DPRD DKI Tetap Menolak Interpelasi Formula E
Wagub DKI Persilakan Jika DPRD Ingin Lanjutkan Interpelasi Formula E
Wagub DKI sebut FEO Nilai Pengerjaan Sirkuit Formula E Termasuk Cepat dan Hasil baik
Pengaspalan Lintasan Formula E Segera Rampung, Setelah Lebaran Tribun Dibangun
Ketua DPRD DKI: Paripurna Interpelasi Formula E Bisa Dilakukan Kembali

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Formula E Di Jakarta
  3. Formula E
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini