Penerapan Aturan Satu Kartu Satu Penumpang, Penumpang Transjakarta Menumpuk

Selasa, 4 Oktober 2022 13:03 Reporter : Lydia Fransisca
Penerapan Aturan Satu Kartu Satu Penumpang, Penumpang Transjakarta Menumpuk Bus Transjakarta Kembali Beroperasi 24 Jam. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengumumkan, Transjakarta menerapkan dua kebijakan baru pada hari ini, Selasa (4/10). Dua kebijakan tersebut adalah wajib tap in dan tap out serta satu kartu untuk satu penumpang.

“Bersama dengan Transjakarta kami melakukannya bersama dan memang proses baru. Selain tap out, jadi ada 1 passenger 1 card. Jadi ada dua kebijakan yang dilakukan,” kata Kamaluddin kepada wartawan.

Untuk diketahui, telah terjadi penumpukkan penumpang di beberapa halte Transjakarta pagi ini. Penumpukkan tersebut diduga karena kartu para penumpang terblokir.

“Kami mohon maaf apabila ada pengguna yang mengalami masalah di pagi hari. Mungkin karena pada perjalanan kemarin belum melakukan tap out sehingga ketika di pagi hari ini berusaha tap in kemudian kartunya menjadi terblokir, begitu ya,” jelas Kamaluddin.

2 dari 2 halaman

Untuk membuka blokir, Kamaluddin mengatakan bahwa kartu dapat di-reset di setiap halte keberangkatan.

“Langkah yang bisa dilakukan supaya bisa membuka blokirnya, harus dilakukan reset kartu. Jadi di setiap halte itu ada dilakukan reset kartu, nanti dibantu oleh petugas Transjakarta. Pastikan ada minimal saldo Rp5 ribu di kartu ketika melakukan reset kartu. Perlu disiplin melakukan tap in tap out,” kata Kamaluddin.

Meskipun demikian, berdasarkan pantauan merdeka.com, kartu yang telah melakukan tap out semalam pun terblokir. Untuk membuka blokir, pengguna Transjakarta hanya perlu tap in di mesin. Oleh karena itu, secara total, perlu melakukan tap in dan tap out dua kali untuk menggunakan layanan Transjakarta.

Kamaluddin mengungkapkan, kebijakan ini telah disosialisasikan melalui media sosial.

“Sosialisasinya sebetulnya kalau di media sosialnya Jaklingko sudah dilakukan ya. Kami juga sebetulnya juga sudah melakukan workshop juga bersama Transjakarta. Apabila ada pengguna yang belum mengetahui tentang proses peralihan ini, ke depannya kami akan tingkatkan lagi sosialisasinya,” kata Kamaluddin. [fik]

Baca juga:
Pembangunan Halte TransJakarta Bundaran HI Terus Berjalan di Tengah Kontroversi
DPRD DKI Bakal Panggil Transjakarta Terkait Revitalisasi Halte Bundaran HI
Tingkatkan Kedisiplinan Karyawan, Transjakarta Teken Kerja Sama dengan Kodam Jaya
Disbud DKI Jawab Kritik soal Halte TransJakarta Bundaran HI: Tak Ganggu Cagar Budaya
Wagub DKI Ungkap Alasan Revitalisasi Halte Bundaran HI: Penumpang Meningkat Drastis
PDIP Sentil Anies soal Proyek Halte TransJakarta Bundaran HI: Cukup Monas Dikorbankan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini