Pemprov DKI Tambah Jumlah Drainase Vertikal

Sabtu, 27 November 2021 17:30 Reporter : Yunita Amalia
Pemprov DKI Tambah Jumlah Drainase Vertikal Pembuatan sumur resapan untuk mengantisipasi banjir. ©2021 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menambah drainase vertikal di titik-titik rawan banjir. Drainase baru itu kini dalam tahap pengerjaan.

"Sejumlah lokasi drainase vertikal masih dalam proses pengerjaan, termasuk yang berada di Jl. Intan, Cilandak, Jakarta Selatan," ucap Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faizal, Sabtu (27/11).

Untuk drainase vertikal di jalan raya, akan menggunakan penutup yang tahan terhadap beban kendaraan.

Yusmada mengakui ada kerusakan penutup drainase vertikal di Jalan Intan. Hal itu dikarenakan kontraktor menggunakan penutup sementara.

"Saat ini, oleh vendor yang bersangkutan sedang dilakukan perbaikan dan penggantian penutup jenis heavy duty (beban berat) untuk menjamin keamanan berlalu lintas," jelas Yusmada.

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta berupaya mengoptimalkan pembuatan drainase vertikal agar dapat menampung, menyimpan, dan menambah cadangan air tanah. Drainase itu juga mengurangi limpasan air hujan ke saluran pembuangan dan badan air lainnya, sehingga mencegah timbulnya genangan dan banjir sekaligus bermanfaat pada musim kemarau. [yan]

Baca juga:
Pembongkaran Bangunan di Atas Saluran Air Kemang Utara
Langganan Terdampak Banjir Rob, Warga Muara Angke akan Direlokasi ke Rusun
Pembangunan Polder Pengendali Banjir
Grebek Lumpur Antisipasi Banjir di Jakpus, 20,5 Meter Kubik Sampah Diangkut
DPRD DKI Temui Banyak Saluran Air di Jakarta Tak Berfungsi
Wagub DKI: Rumah Panggung Hanya Salah Satu Solusi Atasi Banjir

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini