Pemprov DKI Siapkan Subsidi Pangan Rp1 Triliun

Rabu, 16 Oktober 2019 07:32 Reporter : Fikri Faqih
Pemprov DKI Siapkan Subsidi Pangan Rp1 Triliun Gedung Balai Kota DKI Jakarta. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp1 triliun untuk subsidi pangan seluruh warga Jakarta, khususnya warga tidak mampu. Pada 2019, program Pangan Murah dianggarkan sebesar Rp1,078 triliun untuk 1.100.894 orang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, program pangan murah tersebut diselenggarakan di toko perkulakan dan pasar-pasar yang ada di Jakarta, buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB.

"Jumlah ini meningkat dari tahun 2018, sebesar 885 miliar rupiah untuk 840.630 orang," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/10).

Selain itu, pangan murah juga bisa diperoleh di sejumlah rusun dan RPTRA yang telah dijadwalkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, rutin diadakan setiap bulan pada pukul 08.00-12.00 WIB.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta juga telah menyiapkan daftar siapa saja yang berhak menerima subsidi pangan.

"Mereka yang berhak menerima subsidi pangan yakni pemegang KJP Plus, pemegang Kartu Pekerja Jakarta, pemegang Kartu Lansia Jakarta, pemegang Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta, Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Pegawai Harian Lepas (PHL) dengan pendapatan UMP serta penghuni rusun milik Pemprov DKI Jakarta," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Seperti dilansir dari Antara, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar Festival Pangan Jakarta 2019 yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang potensi pengembangan pangan di Jakarta.

Pemprov DKI juga meluncurkan aplikasi info pangan murah Jakarta dan aplikasi Sistem Informasi Pangan Bersubsidi (SPIB) untuk membantu menyalurkan dana bantuan pangan non tunai bagi warga tidak mampu, menggelar pasar murah serta membangun gerai pangan bersubsidi bagi pekerja atau buruh. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini