Pemprov DKI Pastikan Tidak Ada Penurunan Testing Covid-19 di Jakarta

Selasa, 27 Juli 2021 19:22 Reporter : Fikri Faqih
Pemprov DKI Pastikan Tidak Ada Penurunan Testing Covid-19 di Jakarta Antisipasi Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti menegaskan, tidak ada penurunan jumlah testing Covid-19 seiring turunnya laporan angka kasus harian Covid-19.

"Kalau jumlah kasusnya menurun, tentu jumlah testingnya juga akan mengikuti kira-kira seperti itu analoginya," katanya di Jakarta, Selasa (27/7).

Meski demikian, ia menegaskan, pelaksanaan testing tidak bersifat pasif sampai adanya laporan konfirmasi kasus. Testing tetap dilakukan mengikuti pelacakan kontak erat.

Apabila tidak adanya laporan kasus baru, testing tetap dilakukan dengan melacak orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Ia pun menerangkan, di Jakarta, ada dua cara sebagai dasar untuk testing; pertama, tes untuk menemukan kasus baru, kedua tes berdasarkan kontak erat, namun hampir sebagian besar merupakan testing berdasarkan kontak erat.

"Yang kita laporkan sebagian besar itu ada dua, pertama yang di testing baru, kedua kontak erat. Jadi testing yang kita lakukan adalah sebagian dari kontak erat," tutup Widyastuti seperti dilansir dari Antara.

Dalam laman https://corona.jakarta.go.id/id jumlah testing di Jakarta pada Senin (26/7) menyasar kepada 16.792 orang. Dari jumlah tersebut terkonfirmasi 2.662 positif Covid-19. [fik]

Baca juga:
Lacak Covid-19 di Lingkungan RT, Pemprov Jabar Siapkan 262.388 Tracer
Menkes Budi Akui Testing Covid-19 Turun saat Hari Libur
Panglima TNI Ibaratkan Tracing Covid Seperti Perang Semesta dan Gerilya
Panglima TNI: Tracing Covid-19 di Indonesia Baru 1 Banding 1
Ketua Satgas Akui Penelusuran Kasus Covid-19 di RI Belum Penuhi Standar WHO
Menko Luhut Minta Pegawai Sektor Industri Sakit Langsung Dites Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini