Pemprov DKI Lakukan Tes PCR 2.886 Orang, 55 Dinyatakan Positif Covid-19

Senin, 11 Mei 2020 18:28 Reporter : Merdeka
Pemprov DKI Lakukan Tes PCR 2.886 Orang, 55 Dinyatakan Positif Covid-19 Tes swab penumpang KRL di Stasiun Bekasi. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Covid-19 dilakukan pada 1.677 sample pada 10 Mei 2020.

"Sebanyak 830 tes dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada kasus baru dengan hasil 55 positif dan 775 negatif," kata Ani di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (11/5/2020).

Kemudian untuk data secara kumulatif Pemprov DKI telah melakukan tes PCR sebanyak 85.071 sample. Ani juga menyatakan saat mengalami perawatan terkait virus corona setiap pasien dapat melakukan beberapa kali.

"Perlu digarisbawahi bahwa satu pasien dapat dites beberapa kali selama periode perawatan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, terdapat 13 rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai rujukan dalam penanganan pasien corona atau Covid-19.

Dia menyatakan delapan dari 13 rumah sakit rujukan Covid-19 tersebut ditetapkan melalui surat keputusan dari Menteri Kesehatan (Menkes).

"Yang ditunjuk melalui Keputusan Gubernur ada lima RS," ujar Ani di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Untuk rumah sakit yang ditetapkan oleh Menkes yakni RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara, RSUP Persahabatan dan RSU Bhayangkara Jakarta Timur, RSPAD Gatot Soebroto serta RSAL Mintohardjo Jakarta Pusat. Lalu ada pula RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Kemudian ada lima rumah sakit yang ditetapkan melalui Kepgub Nomor 378 Tahun 2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Covid-19. Yaitu RSKD Duren Sawit, RSUD Tarakan dan RSU Pertamina Jaya. Lalu ada RS Pelni dan RSUD Koja. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini