Pemprov DKI Klaim Sistem Tarif Integrasi Jadi Instrumen Pencegahan Pelecehan Seksual

Jumat, 5 Agustus 2022 15:36 Reporter : Yunita Amalia
Pemprov DKI Klaim Sistem Tarif Integrasi Jadi Instrumen Pencegahan Pelecehan Seksual Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. antara

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, sistem kartu tarif integrasi, account base ticketing, justru memberikan proteksi pengguna transportasi umum dari pelecehan seksual.

Dia menyampaikan, dengan account base ticketing, terduga pelaku pelecehan seksual dapat dimasukan ke dalam daftar hitam pelanggan dan dilarang menggunakan layanan Transjakarta.

"Sehingga jika ada pelanggan yang melakukan pelecehan seksual, langsung ter-record wajahnya. Dengan pola itu akan sangat mudah diidentifikasi oleh rekan-rekan dan otomatis larangannya langsung bisa dilakukan," katanya di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat (5/8).

2 dari 3 halaman

Sebagaimana diketahui, sistem account base ticketing yaitu identitas pelanggan akan terpotret. Nantinya, Dinas Perhubungan juga mengembangkan sistem tiket tarif integrasi tersebut dengan face recognition.

Adanya kecanggihan sistem tersebut, Syafrin berharap kasus pelecehan seksual di transportasi umum dapat ditekan, lantaran terdapat konsekuensi masuk ke dalam daftar hitam.

"Ini kami juga upgrade sistem untuk bisa melarang, ibaratnya masuk ke blacklist passanger," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan tarif integrasi terhadap tiga moda transportasi yaitu MRT, LRT, dan Transjakarta. Tarif maksimal dari integrasi ini yaitu Rp10.000 dan berlaku hanya selama 3 jam.

3 dari 3 halaman

Berikut yang perlu diketahui soal tarif integrasi

1. Hanya berlaku untuk perjalanan MRT, LRT dan Transjakarta

Tarif Integrasi hanga berlaku untuk moda transportasi berbasis rel, terkecuali untuk pengguna KRL. Alasannya, selain masih melakukan kalkulasi besaran subsidi, data yang dimiliki Dinas Perhubungan menunjukan bahwa penumpang Transjakarta per hari lebih tinggi dibandingkan KRL

"Untuk Transjakarta, ada peningkatan rata-rata 630 ribu per hari, KRL 615 ribu, MRT 68 ribu," kata Syafrin.

2. Kartu Tarif Integrasi Berbasis Account Base

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menjelaskan untuk membedakan warga ber-KTP DKI dan non-DKI adalah kartu yang dimiliki. Pada kartu tarif integrasi nanti, saldo tersimpan di akun bank, account base, bukan pada chip sebagaimana yang saat ini diterapkan pada kartu elektronik. Di account base tersebut, terdapat data pemilik kartu berdasarkan KTP DKI.

Syafrin juga menyampaikan, teknologi simpan saldo pada kartu tarif integrasi lebih aman dibandingkan simpan saldo berdasarkan chip.

"Jika hilang, saldo pada kartu tidak akan hilang sebab kita basic-nya account base bukan chip yang sekarang ini orang-orang pakai," kata Syafrin.

3. 16 Kelompok Dapat Menikmati Gratis Layanan Tarif Integrasi

Dalam rapat bersama, Komisi B DPRD sebagai mitra Dinas Perhubungan merekomendasikan agar 16 kelompok dapat gratis menikmati tarif integrasi. Kelompok tersebut adalah; PNS DKI, penisunan DKI, pegawai kontrak DKI, penerima KJP, karyawan swasta tertentu, penguni rumah susun , KTP Kepulauan Seribu, penerima raskin, anggota TNI , pormis, veteran, penyandang disabilitas, lansia, marbot masjid, PAUD, jumantik, tim penggerak (PKK), dan koster gereja.

4. Ada Biaya Boarding Rp2.500

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin, menyampaikan bahwa pemilik kartu tarif integrasi akan dikenakan biaya boarding sebesar Rp2.500 saat tap in pertama. Setelah itu, biaya perjalanan akan dihitung per kilometer sebesar Rp250.

"Per kilometer Rp250, jika diintegrasikan ini lebih murah kalau menggunakan tarif existing," kata Kamal.

Baca juga:
Transjakarta Ingin Tahapan Proses Hukum Pelecehan Seksual Dipersingkat
Menteri Erick: Tak Ada Ruang Sedikit Pun untuk Pelaku Pelecehan Seksual di BUMN
Transjakarta Pasang CCTV Canggih untuk Kenali Wajah Pelaku Pelecehan Seksual
Ini Harus Dilakukan Jika Penumpang Alami Pelecehan Seksual dari Mitra Gojek
Pria Beratribut Ojek Online di Bali Diduga Lecehkan Pengunjung Minimarket
TransJakarta akan Tambah 1.801 Karyawan untuk Mencegah Pelecehan Seksual
Sampaikan Pembelaan, Pengacara Motivator Julianto Eka Putra Bawa Spanduk Dukungan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini