Pemprov DKI Jakarta Kejar Target Revitalisasi Trotoar

Selasa, 4 Oktober 2022 01:00 Reporter : Merdeka
Pemprov DKI Jakarta Kejar Target Revitalisasi Trotoar Antisipasi Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19. ©2021 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho bersama PT Semen Indonesia Group (SIG) meresmikan kawasan trotoar di Jalan Juanda. Peresmian ini sebagai bentuk tindak lanjut dari kebijakan pemerintah DKI Jakarta untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang ramah pejalan kaki.

Menurutnya, langkah Pemprov DKI Jakarta didasarkan pada standar ideal dari kota modern yang memang seharusnya terdapat pembagian ruang jalan di area publik. Dimana setiap jalan dapat diakses dan digunakan dengan nyaman dan aman oleh semua pengguna berbagai usia ataupun kemampuan.

"Ciri khasnya kota modern adalah kota yang trotoarnya dibuat senyaman dan seaman mungkin bagi pejalan kaki," kata Hari dalam acara peresmian kawasan trotoar di Jakarta, Senin (3/10).

2 dari 3 halaman

Walaupun begitu, dia tidak memungkiri progres dari proyek tersebut telah meleset dari target. Dari target yang ada, hanya baru mencapai 265,72 km. Jika dihitung, itu hanya sekitar 5 sampai 10 persen dari total target.

Selain itu, Hari menambahkan dari sekitar 1 triliun anggaran dana yang sediakan untuk revitalisasi trotoar di DKI Jakarta. Sebagian besar anggaran dana belanja daerah (APBD) harus dialihkan fungsikan untuk membiayai penanganan pandemi Covid-19 dan bantuan sosial.

"Akibat pandemi, ini harus meleset dari target karena APBD harus dialihfungsikan. Meski begitu kami tetap memaksimalkan dengan menetapkan prioritas," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Dia menambahkan, tahun ini akan terus mengejar target yang tertinggal di tahun sebelumnya. Apalagi dengan adanya dana lain seperti dana kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) dan kerjasama dengan pihak lain sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan revitalisasi.

"Saya gembira karena semangat membangun kota Jakarta terus ada. Apalagi dengan adanya kontribusi dari semua pihak, kita bisa penuhi target," tutupnya.

Reporter Magang: Hana Tiara Hanifah [fik]

Baca juga:
Sidak Trotoar Cipete, Anies Temukan Bangunan Ambil Jalan untuk Parkir Bikin Macet
Anies Diminta Warga Tak Hanya Benahi Kabel Semrawut, tapi Trotoar Becek
Anies Klaim Jakarta Saat Ini Ramah Bagi Pejalan Kaki
Pembangunan Skywalk Kebayoran Lama Ditargetkan Rampung Oktober 2022
Revitalisasi Jalur Pedestrian di Kota Tua Jakarta Capai 98 Persen
Pengerjaan Revitalisasi Jalur Pedestrian di Kota Tua Dikebut
Revitalisasi Trotoar Kota Tua Ditargetkan Selesai Juli 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini