Pemprov DKI: Instalasi Gabion Bukan Karya Seni, Hanya Penghias Kota Sambut HUT RI

Jumat, 23 Agustus 2019 15:19 Reporter : Merdeka
Pemprov DKI: Instalasi Gabion Bukan Karya Seni, Hanya Penghias Kota Sambut HUT RI Instalasi Bronjong Batu di HI. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepala Dinas Kehutanan dan Pertamanan DKI Jakarta, Suzi Marsita mengatakan instalasi Gabion bukan karya seni seperti Getih Getah karya Joko Avianto. Menurutnya, instalasi Gabion itu hanya sebagai penghias kota menyambut HUT ke-74 RI kemarin.

"Bukan karya seni, tapi ornamen kota sebagai penghias kota," kata Suzi saat dihubungi, Jumat (23/8).

Instalasi Gabion dipilih karena hanya berbentuk keranjang sederhana dan mudah dirancang. Ornamen kota ini terbuat dari batu karang yang berguna untuk menyerap air. Selain itu, kata Suzi, instalasi ini memiliki simbol tersendiri terkait polusi.

"Kita bikin 3 pilar di situ karena kita punya konsep ada unsur tanah, air, udara, penyelarasan lingkungan. Jadi kita membuat dalam kaitannya dengan polusi, kita adalah kaitannya dengan HUT RI, itu kita membuat 1 ornamen kota," ujar Suzi.

Dalam Gabion itu diisi tanaman-tanaman berbagai. Pemprov DKI memilih jenis tanaman yang mampu menyerap polusi seperti bougenville, tapak dara, lavender dan palem kol.

Dia mengklaim, instalasi ini menarik perhatian warga DKI. Banyak warga DKI yang memfoto atau swafoto di sekitar Gabion.

"Sebenarnya saat kita pasang juga banyak yang positif ya dari masyarakat, banyak yang berfoto. Dan itulah hasil kreativitas kami di Dinas Kehutanan, jadi tidak ada unsur seni. Bukan hasil seniman, hasil karya teknik arsitektur, beda," paparnya.

Instalasi batu gabion ini pun diprediksi bisa bertahan sampai 2 tahun. Meski begitu, Suzi menegaskan bahwa hal itu bisa saja berubah tergantung dengan kebutuhan.

"Iya tapi bisa kita bongkar kapan saja karena tergantung kebutuhan. Tiba-tiba bulan depan, 3 bulan lagi atau 6 bulan kita event kenegaraan atau kegiatan khusus, itu kan sifatnya dekoratif," tandas Suzi.

Pemprov DKI Jakarta mengganti instalasi Getah Getih di Bundaran Hotel Indonesia dengan instalasi batu Gabion. Instalasi batu tersebut menghabiskan anggaran Rp 150 juta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, instalasi batu Gabion itu merupakan taman biasa dan merupakan bagian dari penataan taman kota.

"Taman biasa, itu rancangannya dari Dinas Pertamanan, namanya kan nanti Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Jadi rancangan begitu sama seperti taman-taman yang lain, biasa saja. Tentu lah, memang untuk apalagi kalau bukan mempercantik?" katanya

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [ray]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini