Pemprov DKI evaluasi bus tingkat wisata yang dikeluhkan warga

Jumat, 28 Februari 2014 16:18 Reporter : Fikri Faqih
Pemprov DKI evaluasi bus tingkat wisata yang dikeluhkan warga Bus tingkat pariwisata dki jakarta. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Pemprov DKI Jakarta Arie Budiman langsung merespons keluhan warga terkait kualitas dan pelayanan bus tingkat wisata. Arie mengatakan, pihaknya bakal mengevaluasi bus 'City Tour Jakarta' setelah beroperasi selama satu pekan.

"Sebetulnya kita akan evaluasi pada hari Senin. Karena belum satu minggu," ujar Arie saat dihubungi merdeka.com, Jumat (28/2).

Menurut Arie, hal yang mesti dipantau adalah mesin bus tingkat dan pengaturan sistem pergantian jam istirahat para pengemudi bus, serta pemandu wisata yang akan dikembangkan agar lebih interaktif dengan para penumpang.

"Untuk operasional, kita sudah punya SOP, misalnya kendala dalam operasional sudah ditemukan, ketika ada demo," jelas Arie.

Bus tingkat yang sudah dioperasikan sudah mendapatkan antusiasme masyarakat. Baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ketika dikonfirmasi mengenai masalah tersebut mengatakan, ini masih ujicoba. Harapannya bisa mendapatkan masukkan dari pengguna agar diperbaiki.

"Ini masih tiga bulan, masih ujicoba. Masih ada koreksi, masukan, kekurangan ini. Nanti saya perintah dan diperbaiki," jelasnya di kawasan Palmerah.

Sedangkan untuk pemandu wisata, Jokowi masih melihat hasil kerja terlebih dahulu. Jika dinilai baik dan memuaskan maka akan ditambahkan. Namun jika masih belum, akan dilakukan evaluasi.

"Belum banyak. Kita lihat dan perbaiki ini dulu. Sudah nggak ada masalah tourguidenya juga sudah bagus, baru tambah," tutupnya.

Seperti diketahui, bus tingkat wisata ini baru mulai beroperasi dari Senin (24/2) kemarin. Sementara ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta baru memiliki lima bus tingkat. Untuk pengelolaannya akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini