Pemprov DKI Bahas Nasib Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih

Kamis, 11 Juli 2019 14:15 Reporter : Merdeka
Pemprov DKI Bahas Nasib Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Pencari Suaka. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali membahas soal relokasi pencari suaka asal Afghanistan yang menempati trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih, Jakarta.

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menegaskan pihaknya sangat mengedepankan sisi kemanusiaan dan ketertiban umum.

"Mungkin nanti siang ada keputusannya. Ini kami lagi koordinasikan terus. Sebenarnya dari sisi Pemprov DKI persoalannya adalah kemanusiaan, kedua soal ketertiban umum," tutur Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Kamis (11/7).

Dia menyatakan, Pemprov DKI Jakarta juga akan kembali berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR). Keputusan pun akan diberikan siang ini.

Menurutnya, kemungkinan besar para imigran tersebut tidak akan ditempatkan di Jakarta Islamic Center (JIC) sebagaimana yang disebutkan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi sebelumnya.

"Sepertinya tidak di sana ya. Nanti keputusannya siang ini, jam 1 jam 2," dia mengakhiri.

Sebelumnya, sekitar 260 pencari suaka sudah menempati trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih, Jakarta selama sekitar dua minggu. Mereka mendirikan tenda di malam hari dan menjemur pakaian di atas trotoar.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini