Pemprov DKI akan pusatkan kuliner Betawi di Pasar Bali Mester

Kamis, 26 Januari 2017 04:34 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Pemprov DKI akan pusatkan kuliner Betawi di Pasar Bali Mester festival budaya betawi 2013. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, Irwandi mengatakan pihaknya akan menjadikan lorong pertokoan di Pasar Bali Mester dan Jalan Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur menjadi pusat kuliner Betawi khusus malam hari.

"Siang hari untuk pedagang eksisting seperti pedagang sendal. Malamnya untuk para pedagang kuliner. Kawasan itu akan dijadikan pusat kuliner Betawi," kata Irwandi, Kamis (26/1).

Irwandi mengungkapkan lokasi yang saat ini dijadikan tempat usaha pedagang tersebut sangat kumuh. Karena itu, pihaknya berinisiatif ingin menata kawasan itu menjadi lokasi sementara (loksem).

Nantinya, pedagang akan ditempatkan berseberangan dengan pemilik toko. Sehingga masih ada ruang di bagian tengah jalan untuk dilintasi pejalan kaki.

Dikatakan Irwandi, penataan kawasan yang memiliki panjang 105 meter tersebut tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Melainkan melalui dana program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Lokasi itu bisa menampung 40 pedagang yang akan dikenakan retribusi Rp 3.000 per hari. Kita targetkan mulai dibangun Maret," tandasnya.

[ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini