Pemprov dan DPRD Mulai Bahas Draf RAPBD DKI Rp87,9 Triliun

Kamis, 28 November 2019 13:01 Reporter : Yunita Amalia
Pemprov dan DPRD Mulai Bahas Draf RAPBD DKI Rp87,9 Triliun Ruang Paripurna DPRD DKI. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta dan Pimpinan DPRD menandatangani nota Kesepakatan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI tahun 2020. Dengan demikian, pembahasan draf Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) bisa dimulai. Berdasar nota kesepakatan itu, nilai RAPBD DKI tahun 2020 mencapai Rp87,9 triliun.

"Ya Alhamdulillah dengan sudah adanya kesepakatan ini insya allah bisa lebih cepat lagi untuk memproses sehingga bisa tuntas lagi RAPBDnya," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di gedung DPRD, Jakarta, Kamis (28/11).

KUA PPAS sebesar Rp87,9 triliun dapat menjadi dasar penyusunan rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD 2020 yang akan dibahas bersama DPRD DKI.

"Setelah dibahas, disepakati, KUA-PPAS menjadi dasar untuk menyusun rancangan peraturan daerah tentang APBD 2020," ucap Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Sebelum nota kesepakatan diteken, angka tersebut disetujui dalam rapat Badan Musyawarah, Rabu (27/11). Saat rapat berlangsung, draf RAPBD DKI sempat mengalami surplus Rp369 miliar.

Akhirnya, dana lebih tersebut dialokasikan kepada empat komisi, Rp100 miliar masing-masing untuk komisi A, B, dan C. Sedangkan komisi D mendapat alokasi Rp69 miliar.

"Setelah mendengar tanggapan dari pihak eksekutif, dari pimpinan-pimpinan Banggar dan Komisi, apakah rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020 sudah dapat disetujui?," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/11).

Seluruh anggota dewan dengan kompak menyatakan setuju dengan rancangan anggaran itu.

Baca Selanjutnya: Kebut APBD DKI...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. APBD DKI
  3. Pemprov DKI
  4. DPRD DKI
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini