Pemkot Jakarta Utara Berencana Benahi Sistem Irigasi dan Pengendalian Banjir

Jumat, 4 Desember 2020 01:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Pemkot Jakarta Utara Berencana Benahi Sistem Irigasi dan Pengendalian Banjir panen padi. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara membenahi perencanaan sistem irigasi pertanian dan upaya pengendalian banjir di Kelurahan Rorotan dan Marunda, Kecamatan Cilincing.

"Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan 11 kelompok tani yang dilakukan pada Rabu (2/12)," kata Camat Cilincing, Muhammad Andri di Jakarta dilansir Antara, Kamis (3/12).

Andri menjelaskan hasil pertemuan itu merencanakan pembenahan sistem irigasi agar tidak terjadi banjir di lahan pertanian, sehingga menghasilkan panen yang lebih maksimal sekaligus mengendalikan banjir di permukiman penduduk.

Pembenahan sistem irigasi ini meliputi pembenahan saluran air Penghubung (Phb) Malaka. Dimulai dari Pintu Air Tambun Rengas sampai dengan Saluran Phb Armain di Kelurahan Rorotan.

Selanjutnya dari Saluran Phb Armain sampai dengan Kali Blencong di Kelurahan Marunda. "Pembenahan sistem irigasi ini ditargetkan rampung pada Maret 2021," ujar Andri.

Dalam dua pekan ke depan, perencanaan ini meliputi pemetaan saluran irigasi, identifikasi masalah, rapat koordinasi lintas sektor, penyusunan tahapan lokasi pengerjaan dan penyusunan jadwal (timeline) kegiatan.

“Pekan ini akan menyusun rencana aksi pembenahan sistem irigasi ini, mulai dari pemetaan saluran, pengambilan gambar udara sampai pada penjadwalan kegiatan pembenahan saluran,” jelas Andri.

Baca Selanjutnya: Sementara itu Kepala Satuan Pelaksana...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jakarta
  3. Pertanian
  4. Banjir
  5. Banjir Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini