Pembuat Karya Seni Bambu di Bundaran HI: Perencanaan Waktu Itu Hanya untuk 6 Bulan

Kamis, 18 Juli 2019 14:27 Reporter : Merdeka
Pembuat Karya Seni Bambu di Bundaran HI: Perencanaan Waktu Itu Hanya untuk 6 Bulan Instalasi bambu Getah-Getih. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Instalasi seni bambu 'Getah Getih' di Bundaran HI kini tinggal kenangan. Karya seni senilai Rp550 juta itu kini hanya menyisakan tanah merah yang diberi pembatas berwarna merah. Belum ada pengganti apa pun di lahan bekas karya seni itu. Hanya terdapat rangkaian tanaman hijau.

Seniman Joko Avianto, pembuat Getah Getih menyatakan karya seninya itu tidak dibongkar, melainkan memang sesuai perencanaan awal hanya untuk dipajang 6 bulan hingga 1 tahun saja.

"Itu bukan pembongkaran sih, itu udah direncanain, udah ada perencanaan karya itu tahan sampai 1 tahun walaupun sebenarnya perencanaan waktu itu karyanya hanya untuk 6 bulan," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (18/7).

Joko mengatakan, karya seni itu dibuat untuk festival yang waktunya sementara. "Memang karya yang sifatnya festival, sifatnya buat festival. Kan kemarin itu menghadapi Asian Games kan dan 17 agustus tahun lalu," katanya

Usai Getah Getih, Joko mengaku belum ada pembicaraan terkait pengganti instalasi seni selanjutnya yang akan dibangun menggantikan bambu itu.

"Saya rasa belum ada pembicaraan apa-apa," ujarnya

Terkait kekuatan bambu, Joko mengatakan tiap wilayah memiliki variasi berbeda-beda. Tergantung pada lingkungan, cuaca dan kelembapan.

"Variatif pengalaman saya di tiap kota, tiap lingkungan beda-beda kekuatannya, enggak bisa dibandingkan. Kalau lingkungannya udah polutif banget ya begitu kejadiannya. Di karya saya yang lain mungkin lebih baik. Dibandingin karya saya Jerman 2015, ya 1 tahun sih kawat enggak karatan masih bagus," tambahnya.

Mudah rapuhnya bambu di Jakarta, menurut Joko dipengaruhi polusi yang sangat kuat di Ibukota. "Kalau pengalaman saya dan di kota-kota lain yang lingkungannya enggak polutif itu akan lebih lama. Jadi bagi saya indikator sih," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini