Pelantikan Jokowi diundur, Mendagri tunjuk Sekda DKI jadi Plt

Kamis, 4 Oktober 2012 15:07 Reporter : Yulistyo Pratomo
Pelantikan Jokowi diundur, Mendagri tunjuk Sekda DKI jadi Plt Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Gubernur Jakarta terpilih Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan baru akan dilantik pada 11 Oktober pekan depan. Jokowi yang sejatinya akan dilantik pada 7 Oktober kemungkinan besar ditunda karena banyak tahapan sebelum dilantik.

Karena masa jabatan Gubernur DKI Fauzi Bowo akan habis pada 7 Oktober, maka untuk menghindari kekosongan jabatan di Jakarta, Menteri Dalam Negeri akan menunjuk pelaksana tugas (Plt). Pelaksana tugas gubernur sementara itu akan bekerja sampai Jokowi dilantik.

"Jabatan gubernur dipegang Plt selama 3 hari. Kami sudah siapkan sudah di meja saya, kalau memang tanggal 7 (tidak ada pelantikan), saya akan terbitkan Plt-nya," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi usai menghadiri Festival Sulam Internasional di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (4/10).

Mendagri akan menunjuk Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan sebagai Plt. Fadjar nantinya akan bekerja selama tiga hari 8-10 Oktober mendatang.

Meski tim Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli secara resmi tidak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil Pilgub DKI, proses administrasi sampai ke pelantikan sangat panjang. Prosesnya, KPU Jakarta harus terlebih dahulu mengirim surat ke MK bahwa hasil pilgub tidak ada gugatan.

Setelah mendapat surat dari MK, maka KPU Jakarta akan meneruskan ke DPRD Jakarta. Kemudian, setelah persyaratannya lengkap kemudian diteruskan ke Kemendagri.

Setelah diteken oleh Mendagri, proses administrasi akan diserahkan ke meja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah Keppres pengangkatan turun, kemudian diteruskan ke badan Musyawarah DPRD untuk ditetapkan waktu pelantikan.

"Persyaratan beliau sebagai gubernur dan penguduran diri itu sudah terpenuhi, setelah itu baru ada pengusulan untuk penerbitan surat pengangkatan beliau sebagai Gubernur DKI kepada Presiden," kata Gamawan.

Menurut dia, pengunduran proses pelantikan dilakukan karena pengajuan ke Presiden pada Jumat (5/10) dan diperkirakan selesai Sabtu (6/10). Karena jaraknya berdekatan dan DPRD harus melaksanakan berbagai persiapan, pelantikan baru dapat dilakukan pada Kamis (11/10). [has]

Topik berita Terkait:
  1. Gubernur Jakarta
  2. Jokowi Ahok
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini